Salin Artikel

Serunya Virtual Tour Olimpiade Tokyo, Bisa Ngobrol Bareng Atlet

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang kini masih berlangsung. Gegap-gempita ajang olahraga internasioanl tersebut juga terasa hingga ke berbagai penjuru dunia.

Sayangnya di masa pandemi Covid-19 tak banyak orang yang bisa menyaksikan secara langsung acara tersebut di Tokyo.

Sebagai bentuk inovasi dan solusi atas situasi yang ada, pihak penyelenggara olimpiade dan paralimpiade menawarkan pengalaman virtual tour.

Tur virtual atau virtual tour adalah kegiatan wisata yang dilakukan secara daring, umumnya dengan bantuan platform Zoom. Dalam kegiatan wisata ini, peserta dapat menjelajahi sejumlah tempat sambil berbincang dengan penyelenggara acara. 

Dilansir dari Bangkok Post, Komite Olimpiade Internasional dan Komite Paralimpiade Internasional bekerja sama dengan Airbnb untuk mengajak para penggemar olahraga untuk lebih dekat dengan para atlet, walau hanya lewat layar. 

Kerja sama tersebut melahirkan sebuah program yang menawarkan pengalaman virtual bersama lebih dari 200 atlet yang berlaga di olimpiade dan paralimpiade.

Selain menceritakan pengalamannya, para atlet juga akan membagi cerita tentang kecintaannya terhadap dunia olahraga. 

Tak hanya itu, pengunjung virtual tour juga bisa berbincang-bincang secara langsung dengan atlet melalui platform Zoom. 

Adapun calon peserta bisa mengakses tur tersebut dengan mengunjungi laman ini. 

Program ini bekerja sama dengan sejumlah atlet ternama dunia, seperti mantan pebasket legendaris Scottie Pippen, Larry Bird, dan Patrick Ewing. Mereka merupakan peraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Peserta juga bisa berjumpa dengan atlet renang dari Inggris, Alice Dearing, dan atlet skateboard termuda dari Inggris, Sky Brown. 

Program yang diluncurkan tanggal 13 Juli lalu ini juga mengikutsertakan 45 atlet paralimpiade. Beberapa di antaranya adalah pelari asal Inggris Jonnie Peacock, pemain voli dari Amerika Nicky Nieves (atlet voli dari Amerika), dan perenang asal Brazil Edenia Garcia. 

Dilansir dari cnbc.com, tak hanya berkomunikasi dengan para atlet, pecinta olahraga juga bisa jalan-jalan secara virtual di lokasi olimpiade. 

Kanal YouTube ONLY in JAPAN merupakan salah satu kanal yang menyiarkan siaran langsung Olimpiade Tokyo 2020. Kanal ini diluncurkan oleh seorang bintang YouTube asal Amerika, John Daub. 

Di salah satu videonya, penonton dapat merasakan pengalaman berkeliling di Stadion Olimpiade Tokyo. Penonton juga bisa menyaksikan acara red carpet olimpiade saat upacara pembukaan. 

https://travel.kompas.com/read/2021/08/03/160800127/serunya-virtual-tour-olimpiade-tokyo-bisa-ngobrol-bareng-atlet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.