Salin Artikel

Kunjungan Turis ke Dusun Semilir Belum Maksimal Meski Restoran Buka

UNGARAN, KOMPAS.com - Pembukaan kembali restoran di Dusun Semilir, Jawa Tengah, tidak berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke tempat wisata tersebut. 

Hal itu karena wisatawan menganggap restoran kurang menarik tanpa adanya wahana-wahana wisata. 

Untuk informasi, menurut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, restoran di tempat wisata boleh beroperasi kembali. 

Komisaris Dusun Semilir Eliezer Widagdo mengatakan, tujuan wisatawan berkunjung adalah menikmati wahana-wahana yang ada.

"Setelah itu baru ke restoran, jadi wahana dan restoran itu saling melengkapi, sinergi begitu. Kalau hanya restoran yang buka, tingkat kunjungan tidak lebih dari 0,5 persen," jelasnya, Selasa (24/8/2021).

Dengan kondisi itu, dia berharap pemerintah memberi kelonggaran untuk dibukanya wahana wisata yang ada.

"Meski ada pembatasan tidak masalah, asal buka. Mau kapasitas, 10 persen atau 30 persen, saya kira bisa menarik kunjungan wisatawan," kata Widagdo.

Dia mengungkapkan kondisi pandemi terasa berat karena setiap bulan harus tetap mengeluarkan biaya operasional.

"Dusun Semilir tiap bulan pengeluaran rutin antara Rp 1 miliar sampai Rp 3 miliar, itu antara lain untuk gaji, listrik, dan lain-lain termasuk pakan hewan ternak. Hiu itu setiap hari butuh dua kilogram daging, ada juga kuda butuh rumput tiap hari," paparnya.

Widagdo mengatakan, Dusun Semilir terus mengeluarkan program-program kreatif agar mampu bertahan di masa pandemi Covid-19. Di antaranya menjual tiket online, paket barbeque, dan menginap di karavan.

"Program tersebut memerhatikan protokol kesehatan karena menyasar komunitas-komunitas kecil kapasitas 10 sampai 20 orang. Di situ pengunjung bisa mendapat pemgalaman baru, termasuk menyalakan api unggu bersama," terangnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/08/24/211600327/kunjungan-turis-ke-dusun-semilir-belum-maksimal-meski-restoran-buka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.