Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Denpasar, Ada Monumen Bajra Sandhi

KOMPAS.com - Denpasar adalah kota terbesar di Pulau Dewata Bali dan juga ibu kota dari provinsi Bali.

Selain menjadi pusat pemerintahan, Denpasar juga menjadi rumah berbagai macam tempat wisata. Mereka yang sedang berkunjung ke kota ini dapat menemukan tempat wisata, seperti pantai, pura, dan pusat konservasi penyu.

Tempat wisatanya yang beragam menjadikan Kota Denpasar sebagai destinasi yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur.

Jika kamu tertarik untuk menjelajahi kota Denpasar, berikut adalah itinerary wisata 3 hari 2 malam di Denpasar.

Hari pertama di Denpasar

Museum Bali

Museum Bali terletak di Jalan Mayor Wisnu nomor 1, Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Dari pusat kota jaraknya 2,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh enam menit.

Museum ini menjadi tempat penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Terdapat koleksi benda-benda etnografi, seperti peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, dan bahasa tulisan yang menggambarkan perkembangan kebudayaan Bali.

Eksterior bangunannya seperti dinding, halaman, dan gerbang dirancang dengan gaya khas pura atau kerajaan di Denpasar. Terdapat empat paviliun di kompleks museum ini yang mewakili berbagai kabupaten di Bali.

Paviliun tersebut juga menyimpan koleksi barang bersejarah. Salah satunya adalah Paviliun Tabanan yang menampilkan koleksi peralatan tari, seperti kostum dan berbagai topeng untuk tarian topeng.

Jam operasional Museum Bali pada Senin sampai Minggu adalah pukul 07.30-15.30 WITA. Pada Hari Jumat, museum ini hanya buka sampai pukul 13.00 WITA. Harga tiket Museum Bali adalah Rp 5.000 per orang.


Monumen Bajra Sandhi Renon

Monumen bersejarah ini terletak di Jalan Raya Puputan nomor 142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Dari Museum Bali, jaraknya sekitar 3 km dengan menempuh perjalanan selama enam menit.

Monumen Bajra Sandhi disebut juga sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Monumen tersebut dibangun di atas lahan dengan luas 13,8 hektar. Tinggi monumen mencapai sekitar 45 meter.

Di dalam monumen ini wisatawan dapat menemukan beberapa ruangan, di antaranya ruang meeting, administrasi, pameran, dan pembelian buah tangan.

Wisatawan dapat mengunjungi ruang peninjawan untuk melihat kawasan gedung lebih lengkap. Namun mereka perlu melewati sejumlah anak tangga yang cukup tinggi.

Pada hari Senin sampai Jumat, jam operasional monumen ini adalah pukul 08.00-17.00 WITA, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu adalah pukul 09.00-17.00 WITA.

Harga tiket masuk Monumen Bajra Sandhi Renon untuk wisatawan domestik anak-anak adalah Rp 2.000 dan dewasa Rp 5.000. Sementara untuk wisatawan asing, tiket untuk anak-anak seharga Rp 5.000 dan untuk dewasa Rp 10.000.

Taman Lumintang

Taman kota ini terletak di Jalan Mulawarman, Banjar Lumintang, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Dari Monumen Bajra Sandhi, jaraknya 7,4 km dengan waktu perjalanan 11 menit.

Taman Kota Lumintang cocok untuk bersantai dan berolahraga. Taman ini menyediakan jalur jogging, tenpat bersantai, taman burung, pojok free Wi-Fi, dan tempat bermain anak-anak.

Ada pula atraksi air mancur menari. Formasi atau bentuk air mancur yang variatif ditemani tata cahaya lampu yang berbeda memberikan pertunjukan yang indah untuk disaksikan.

Wisatawan dapat menikmati keindahan air mancur menari ini mulai dari pukul 19.00-21.00 WITA. Namun, pertunjukan ini hanya ada pada akhir pekan saja.

Untuk menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas di taman ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk. Namun, tarif parkirnya adalah Rp 1.000 untuk motor dan Rp 2.000 untuk mobil.


Hari kedua di Denpasar

Berenang dengan hiu di Pulau Serangan

Wisata bahari ini dikenal dengan nama Bali Shark yang terletak di Agus Bar and Restaurant, Jalan Tukad Punggawa No. 238X, Serangan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Jaraknya dari pusat kota sekitar 10 km dengan menempuh waktu perjalanan 21 menit.

Rekreasi berenang dengan ikan hiu mungkin terdengar menantang dan menyeramkan. Namun, hiu di penangkaran ini adalah hiu bersisip putih yang tidak berbahaya bagi manusia. Pihak pengelola juga menyediakan asuransi bagi wisatawan.

Tempat penangkaran hiu ini terletak di tengah laut, sehingga wisatawan yang ingin berenang dan berinteraksi bersama hiu akan naik fast boat ke tempat penangkaran dengan waktu perjalanan lima menit.

Harga tiket masuk Bali Shark adalah Rp 1,4 juta. Untuk wisatawan anak-anak, biayanya sekitar Rp 1,2 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk berenang dengan hiu, memberi makan hiu, berkunjung ke konservasi penyu, makanan dan minuman, transportasi, dan asuransi. Jam operasional Bali Shark adalah pukul 07.00 - 15.00 WITA setiap hari.

Taman Hutan Raya Ngurah Rai

Hutan mangrove ini berada di kawasan Suwung Kauh, Denpasar tepatnya di Jalan By Pass Ngurah Rai. Dari Bali Shark, jaraknya 8 km dengan menempuh perjalanan selama 13 menit.

Hutan mangrove ini dikenal dengan nama Taman Hutan Raya Ngurah Rai atau Mangrove Information Center. Kawasan yang luasnya mencapai 1.373 hektar dengan panjang 1.5 km ini adalah rumah bagi 16 jenis vegetasi bakau dan berbagai macam hewan.

Di kawasan hutan magrove ini, wisatawan dapat mengamati dan mengidentifikasi aneka tanaman bakau sembari menyusuri mangrove track dari susunan kayu. Mereka juga dapat memancing dan berperahu.

Dengan membayar Rp 25.000 per orang, wisatawan dapat menyewa perahu dan berkeliling hutan bakau selama 25-30 menit, bahkan melintasi bawah Tol Bali Mandara.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari pukul 08.00-18.00 WITA. Untuk menikmati udara segar di hutan mangrove ini, harga tiket masuknya Rp 10.000.


Hari Ketiga di Denpasar

Pantai Sanur

Sanur adalah salah satu pantai terkenal di Bali yang terletak di sebelah timur kota Denpasar, tepatnya di Jalan Kusuma Sari nomor 1, Sanur, Kota Denpasar. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 9 km dengan waktu tempuh 18 menit.

Kebalikan dari pantai Kuta Bali yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, Pantai Sanur menawarkan pemandangan matahari terbit yang indah. Karena hal tersebut, nama lain pantai ini adalah pantai matahari terbit.

Selain itu wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang water sports, jogging, dan bersepeda. Ombak laut di pantai ini cukup tenang dan cenderung dangkal, sangat ideal untuk anak-anak berenang.

Water sports yang dapat dilakukan di Pantai Sanur di antaranya snorkeling, naik jet ski, naik perahu banana boat, atau mencoba sea walker.

Pantai ini buka hingga 24 jam. Wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan pasir putih di Pantai Sanur tidak perlu membayar tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan seharga Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Big Garden Corner

Big Garden Corner adalah wisata buatan yang terletak di Sanur, Jalan By Pass Ngurah Rai, Kesiman, Kota Denpasar. Dari Pantai Sanur jaraknya 4,8 km dengan waktu tempuh 9 menit.

Sebelumnya, Big Garden Corner adalah galeri seni patung yang kini sudah menjadi tempat wisata dengan tema fotografi. Tterdapat berbagai macam patung dengan berbagai bentuk, salah satunya adalah Ganesha.

Tak hanya patung, Big Garden Corner juga memiliki replika besar Candi Borobudur yang tingginya mencapai 5 meter. Replika ini dilengkapi dengan relief candi di dindingnya, mirip denga relief yang ada di Candi Borobudur.

Spot foto lain di kawasan tempat wisata ini di antaranya terowongan hati yang dihiasi bunga dan spot foto payung warna-warni yang ditata rapi di atas jalan setapak dari batu.

Big Garden Corner buka setiap hari dari pukul 10.00-18.00 WITA. Wisatawan yang ingin berkunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 30.000 per orang.

Toko Oleh-Oleh Krisna

Toko oleh-oleh ini berlokasi di Jalan Nusa Kambangan nomor 160 A, Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Dari Big Garden Corner jaraknya 8,3 km dengan waktu perjalanan 16 menit.

Krisna adalah pusat oleh-oleh khas Bali yang lengkap, besar, dan tersebar di berbagai sudut wilayah Bali. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam suvenir, seperti camilan, aksesori, pernak-pernik, kain tenun, busana Bali, tas, lukisan, dan sandal.

Mereka juga memiliki produk oleh-oleh mereka sendiri, seperti pie susu, bakpia, keripik, dan kopi luwak. Harga buah tangan di toko ini cukup variatif. Oleh-oleh murah hingga mahal dapat ditemukan di toko ini. Toko ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.00 WITA.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/07/080800427/itinerary-wisata-3-hari-2-malam-di-denpasar-ada-monumen-bajra-sandhi

Terkini Lainnya

Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Jalan Jalan
Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga Mulai Rp 20.000

Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga Mulai Rp 20.000

Jalan Jalan
Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Travel Tips
4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

Jalan Jalan
Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahim Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahim Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Jalan Jalan
Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Jalan Jalan
Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Travel Tips
8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

Travel Tips
Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Travel Update
8 Tips Hindari Barang Bawaan Tertinggal, Gunakan Label yang Mencolok

8 Tips Hindari Barang Bawaan Tertinggal, Gunakan Label yang Mencolok

Travel Tips
Sandiaga Harap Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Hijau

Sandiaga Harap Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Hijau

Travel Update
10 Tips Bermain Trampolin yang Aman dan Nyaman, Pakai Kaus Kaki Khusus

10 Tips Bermain Trampolin yang Aman dan Nyaman, Pakai Kaus Kaki Khusus

Travel Tips
Ekspedisi Pertama Penjelajah Indonesia ke Kutub Utara Batal, Kenapa?

Ekspedisi Pertama Penjelajah Indonesia ke Kutub Utara Batal, Kenapa?

Travel Update
Lebaran 2024, Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200.000 Penumpang

Lebaran 2024, Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200.000 Penumpang

Travel Update
Milan di Italia Larang Masyarakat Pesan Makanan Malam Hari

Milan di Italia Larang Masyarakat Pesan Makanan Malam Hari

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke