Salin Artikel

Desa Wisata Serang Blitar Tawarkan Wisata Pantai dan Konservasi Penyu

KOMPAS.com - Desa Wisata Serang di Blitar, Jawa Timur, adalah desa wisata yang berada di perbukitan karst dan pesisir pantai.

Desa wisata ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Jarak dari Bandara Internasional Juanda ke desa wisata ini adalah 179 kilometer (km), dengan durasi perjalanan sekitar empat jam. 

Wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari melihat matahari terbenam di pantai hingga mengikuti kegiatan konservasi penyu.

Salah satu lokasi ikonik di desa wisata ini adalah Pantai Serang. Wisatawan dapat bersantai sekaligus menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset.

Menurut situs web jadesta.com, tempat wisata ini terkenal akan panorama sunset yang tepat di tengah pantai pada Oktober-Februari.

Desa Wisata Serang juga memiliki Goa Kedungkrombang, sebuah gua dengan 103 anak tangga yang berlokasi di tengah permukiman penduduk.

Pada zaman dahulu, gua ini dijadikan tempat bertapa oleh pasukan Pangeran Diponegoro dan prajurit Sudanco Supriyadi PETA. 

Daya tarik lainnya dari Desa Wisata Serang adalah tempat edukasi dan konservasi penyu. Adapun, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu sisik bertelur di sekitar Pantai Serang. 

Dilansir dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (16/10/2021), warga setempat mempelajari tentang budidaya penyu mulai dari proses bertelur hingga pelepasan di pantai secara otodidak.

Di sela-sela kunjungannya ke Desa Wisata Serang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Kota Blitar menjadi daerah percontohan new normal lantaran menerapkan PPKM Level 1.

Ia berharap agar desa wisata tersebut ikut terlibat menyukseskan percontohan uji coba transisi dari pandemi ke endemi.

"Kini semua mata dunia melihat Kota Blitar karena ini adalah uji coba level satu dan transisi dari pandemi menuju endemi. Berarti Kabupaten Blitar memiliki tanggung jawab khusus karena mengelilingi Kota Blitar agar transisi (dari) pandemi ke endemi sukses. Desa Wisata Serang juga harus bantu menyukseskan program tersebut," jelasnya, Sabtu.

Untuk diketahui, kunjungan Sandiaga merupakan bagian dari visitasi 50 desa wisata terbaik berdasarkan lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Adapun Desa Wisata Serang masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik dari lomba yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu. 

https://travel.kompas.com/read/2021/10/17/061600827/desa-wisata-serang-blitar-tawarkan-wisata-pantai-dan-konservasi-penyu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.