Salin Artikel

Kitagawa Pesona Bali, Tempat Wisata Bernuansa Pulau Dewata di Wonogiri

KOMPAS.com - Masyarakat Wonogiri kini tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk merasakan nuansa Pulau Dewata tersebut. Suasana Bali kini dapat dirasakan di Kitagawa Pesona Bali.

Obyek wisata dan restoran ini terletak di Jalan Mbelik Gede, Patemon, Kayuloko, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

"Saya mendirikan Kitagawa Pesona Bali ini awalnya sebagai fasilitas untuk orang tua jompo yang saya santuni," tutur pemilik Kitagawa Pesona Bali, Suparno, saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut, Suparno mengungkapkan bahwa lansia yang ia santuni belum pernah berwisata ke Pulau Bali. Oleh sebab itu, ia ingin menghadirkan fasilitas bernuansa Bali yang bisa mereka nikmati.

Kitagawa Pesona Bali berjarak sekitar 24 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Wonogiri.

Obyek wisata ini dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri.

"Kalau dari alun-alun sekitar 30 menitan. Saya rasa setengah jam cukup kalau dari alun-alun," kata Suparno.

Akses menuju restoran tersebut pun cukup mudah, lantaran dilalui jalan lintas provinsi. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Restoran ini beroperasi setiap hari pukul 10.00 - 16.00 WIB. Mereka bisa melakukan reservasi secara daring melalui akun Instagram resmi Kitagawa Pesona Bali.

Wisatawan dapat menjumpai bangunan bernuansa bali di kawasan tersebut. Ada pula patung-patung yang memperkaya nuansa Bali di tempat ini.

Restoran ini menyediakan ruang pertemuan atau meeting room untuk pengunjung yang ingin mengadakan acara-acara tertentu. 

Selain itu, ada juga pertunjukan tari dan budaya yang diadakan secara berkala.

"Rencana ke depannya, saat situasi dan kondisi sudah kondusif, kami berencana untuk mengadakan pertunjukan tersebut secara rutin setiap hari," jelas Suparno.

Tak hanya menawarkan suasana Bali, Kitagawa Pesona Bali juga menyuguhkan beragam menu khas Pulau Dewata. Salah satunya olahan bebek sambal matah khas Bali yang dapat dinikmati.

Ada juga sajian khas Kabupaten Wonogiri, di antaranya bakso dan nasi tiwul, dan olahan ikan. 

"Untuk minuman maksimal Rp 10.000, makanan maksimal Rp 25.000. Jadi memang harganya dibuat terjangkau, tidak mahal-mahal," ujar Suparno.

Wisatawan juga dapat menjumpai beberapa obyek wisata lain di sekitar Kitagawa Pesona Bali, salah satunya Istana Parnaraya yang juga dikelola oleh Suparno.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/19/203200027/kitagawa-pesona-bali-tempat-wisata-bernuansa-pulau-dewata-di-wonogiri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.