Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Wisata Pantai Terkenal Yogyakarta dengan Panorama Indah

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kaya akan destinasi wisata pantai yang terbentang di pesisir selatan.

Jajaran pantai di Yogyakarta menjadi favorit wisatawan karena tak hanya menyajikan air laut biru yang berkilau.

Para pelancong dapat menikmati pengalaman seru antara lain sandboarding, snorkeling, naik delman dan ATV di tepi pantai, menyantap makanan enak, serta selfie di tempat-tempat Instagramable.

Ada sejumlah pantai yang sudah terkenal di kalangan wisatawan baik wisatawan asing, domestik maupun lokal. Berikut 15 wisata pantai terkenal di Yogyakarta yang Kompas.com himpun.

Wisata pantai terkenal di Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini sangat familiar di kalangan wisatawan.

Mengutip Kompas.com, Rabu (12/01/2022), Pantai Parangtritis hanya berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Malioboro, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit. Tepatnya di Kabupaten Bantul.

Pantai Parangtritis dikeliling tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai.

2. Pantai Parangkusumo

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, ada Pantai Parangkusumo. Pantai ini tidak asing lagi di telinga para wisawatan.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai di kawasan Parangtritis yang dipandang keramat.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Pantai Parangkusumo sebagai gerbang utama menuju keraton gaib laut selatan yang merupkaan kerajaan Ratu Laut Kidul penguasa Laut Selatan.

Karenanya, Pantai Parangkusumo kerap dijadikan sebagai lokasi upacara tradisional labuhan yakni melarung barang persembahan alias uba rampe ke laut.

Pantai Parangkusumo ini dikelilingi gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam. Sekitar 700 meter dari pantai, pengunjung akan menemui Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di bukit pasir ini pengunjung bisa mencoba olahraga sandboarding dengan merogoh kocek Rp 50.000-Rp 200.000 untuk menyewa papan luncur lengkap dengan helm dan pelindung siku.

3. Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok sekitar 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai ini terkenal sebagai tempat makan seafood karena lokasinya berdekatan dengan tempat perlelangan ikan.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Depok dipenuhi warung makan seafood dengan nuansa tradisional berupa lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman.

Seafood di Pantai Depok terasa lezat dan segar karena diambil langsung dari nelayan yang bersandar di pantai tersebut. Harganya pun cenderung terjangkau.

Sembari menyantap seafood yang lezat, wisatawan bisa menikamti pemandangan gumuk pasir sepanjang Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.


4. Pantai Goa Cemara

Mengutip Kompas.com, Rabu (12/01/2022), Pantai Goa Cemara memiliki area hutan cemara sekitar pantai. Jadi, suasananya lebih rindang.

Tak hanya hutan cemara, wisatawan juga bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter yang berada tidak jauh dari Pantai Goa Cemara.

Dari atas mercusuar, tersaji pemandangan pantai-pantai di sekitar Goa Cemara, hamparan hutan cemara, dan lautan biru yang indah.

Selain itu, ada beragam warung makan yang menyediakan jajanan dan makanan berat seperti hidangan laut nan nikmat.

5. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai paling masyhur di Kabupaten Kulon Progo.

Pantai ini menyuguhkan dua pemandangan yang berbeda yakni laguna di satu sisi dan pemecah ombak di sisi lainnya.

Ombak di Pantai Glagah sangat garang utamanya ketika bulan baru.

Ratusan tetrapod yang berjajar memecah gulungan ombak dahsyat tersebut menjadi pemandangan indah yang patut dinikmati wisatawan.

Saking dahsyatnya, buih-buih ombak tersebut bisa mencapai daratan. Di sisi lain, wisatawan bisa menikmati laguna luas yang tenang.

Penduduk setempat menyewakan kapal wisata kecil dan perahu bebek bagi anak kecil yang ingin bermain.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, perjalanan ke pantai ini membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari Kota Yogyakarta.

Namun, lama perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan di Pantai Indrayanti.

Pasir putih membentang dari timur ke barat sepanjang Pantai Indrayanti. Meskipun ramai dikunjungi wisatawan, pantai ini sangat bersih.

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap mulai dari restoran, penginapan atau homestay, mushala, dan lahan parkir luas.

Pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan menyewa jetski di Pantai Indrayanti.


7. Pantai Nguluran

Pantai Nguluran spesial karena menawarkan beberapa wahana kepada wisatawan, salah satunya adalah teras kaca.

Wisatawan dapat berfoto di teras kaca yang menyuguhkan latar belakang Samudera Hindia sejauh mata memandang.

8. Pantai Sundak

Tak jauh dari Pantai Indrayanti, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Sundak. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Sundak memiliki karang-karang kecil yang menghampar sampai 30 meter dari bibir pantai.

Uniknya, permukaan karang-karang tersebut tak kasar, malah terasa lembut di kaki karena diselimuti tumbuhan-tumbuhan laut yang menyerupai rumput.

Menurut cerita warga sekitar, Pantai Sundak dulunya bernama Wedimbedah, yang artinya pasir terbelah.

Pasalnya, saat musim hujan air dari daratan mengalir ke pantai dan membelah pasir pantai layaknya sungai kecil. Nama pantai tersebut diubah pada tahun 1976-an menjadi Pantai Sundak.

9. Pantai Sadranan

Ciri khas Pantai Sadranan dibandingkan pantai di Gunung Kidul lainnya adalah banyak batu karang yang dekat dengan bibir pantai.

Batu karang besar tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga setibanya di tepi pantai menjadi lebih tenang.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, beragam aktivitas dapat dilakukan di Pantai Sadranan seperti snorkeling dan mendayung kano.

Untuk menyewa alat snorkeling, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp50.000 per orang.

Nantinya, ada pemandu yang akan menemani pengunjung melihat keindahan bawah air.

Begitu juga tarif sewa kano dipatok Rp 50.000 per orang. Pengunjung dapat mendayung kano mengelilingi pantai dan menuju batu karang yang besar.

Aktivitas mendayung kano ini menjadi favorit para pengunjung ketika berkunjung ke Pantai Sadranan.


10. Pantai Nglambor

Alternatif lain untuk snorkeling adalah Pantai Nglambor. Pantai ini sudah lama terkenal di kalangan wisatawan.

Jalan menuju pantai ini cukup sulit, sehingga bagi pengunjung yang membawa mobil disarankan untuk parkir di tempat yang sudah disediakan. Lalu, menuju pantai dengan berjalan kaki.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Nglambor memiliki ciri khas yakni dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan.

Kura-kura raksasa yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul tersebut berfungsi memecah ombak, sehingga air laut di Pantai Nglambor menjadi lebih tenang.

Jadi, pengunjung tidak perlu takut untuk melakukan snorkeling di Pantai Nglambor.

Bawah laut Pantai Nglambor menyimpan beragam biota laut, ikan hias dan terumbu karang yang cantik.

11. Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu pantai istimewa di Gunungkidul karena memiliki pulau kecil di tengahnya. Pulau tersebut membagi pantai menjadi dua bagian.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (09/02/2019), sisi barat merupakan tempat sandar perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan.

Sedangkan, sebelah timur merupakan lokasi wisata yang dipenuhi pemandangan cantik berupa pasir putih, ombak tenang, dan perbukitan hijau.

Pengunjung Pantai Drini juga bisa menikmati aktivitas mendayung kano.

Untuk menggunakan kano, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

Kano ukuran kecil ini bisa digunakan 2-3 orang dewasa. Sedangkan, kano ukuran besar atrif sewanya Rp 100.000 serta bisa memuat hingga empat orang.

12. Pantai Baron

Tak jauh dari Pantai Drini, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Baron yang merupakan pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai ini merupakan pertemuan antara laut dan sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Baron.

Ada dua barisan batu karang yang mengepit Pantai Baron di kedua sisinya. Batuan tersebut menahan ganasnya gelombang laut selatan yang datang ke tepi pantai.

Tak jauh dari pantai, ada kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang.


13. Pantai Timang

Apabila Anda kerap melihat foto gondola yang ada di atas laut, maka lokasinya ada di Pantai Timang.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, wisatawan harus melewati jalanan penuh bebatuan, tikungan yang tajam serta tanjakan yang terjal untuk sampai di Pantai Timang.

Gondola atau kereta gantung di Pantai Timang dibuat pada 1997. Tujuan awalanya adalah alat menyeberang bagi nelayan yang mencari lobster.

Pasalnya, nelayan tidak mungkin menyebrang ke Pulau Timang menggunakan perahu biasa karena ombak besar.

Akhirnya terciptalah gondola untuk memudahkan para nelayan.

Saat ini, gondola tersebut bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Gondola hanya bisa diisi satu orang saja.

Wisatawan akan meluncur sepanjang 98 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari atas permukaan laut.

14. Pantai Wediombo

Pantai terkenal berikutnya adalah Pantai Wediombo. Mengutip Kompas.com, Sabtu (15/01/2022), Pantai Wediombo merupakan sebuah tempat wisata alam sekaligus kawasan konservasi perairan di Gunungkidul.

Pantai yang merupakan teluk ini memiliki bentuk menyerupai setengah lingkaran.

Pantai Wediombo merupakan bekas kawan gunung api pada masa lalu.

Tempat konservasi perairan ini menyimpan keanekaragaman hayati yang beragam dari jenis-jenis ikannya.

Pantai Wediombo merupakan kawasan untuk bertelur penyu demi menjaga kelestarian.

15. Pantai Krokoh

Pantai Krokoh adalah salah satu yang lokasinya ada di sisi timur Daerah Istimewa Yogyakarta, dekat perbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Krokoh berada di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari Tugu Jogja sekitar 9 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 3 jam.

Pantai ini masih cukup sepi, sehingga suasananya masih cukup alami. Pasirnya berwarna putih dengan air laut yang biru jernih.

Pantai Krokoh pas dikunjungi mereka yang ingin menikmati suasana tenang dan indahnya suasana pantai alami.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/22/190700127/15-wisata-pantai-terkenal-yogyakarta-dengan-panorama-indah

Terkini Lainnya

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Travel Update
Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Travel Update
Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Travel Update
Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Travel Update
4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

Jalan Jalan
3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

Hotel Story
Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Jalan Jalan
Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Jalan Jalan
Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Travel Tips
4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

Jalan Jalan
Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Jalan Jalan
Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Jalan Jalan
Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Travel Tips
8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

Travel Tips
Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke