Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

World Tourism Day Indonesia 2022 Gelar Konferensi Internasional pada Agustus

KOMPAS.com - World Tourism Day Indonesia Foundation (Yayasan Hari Pariwisata Dunia Indonesia), Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter, dan 20 perguruan tinggi di Indonesia mengadakan International Conference pada 26-27 Agustus 2022 secara daring.  

Konferensi internasional ini merupakan salah satu acara menuju World Tourism Day 2022, atau Hari Pariwisata Sedunia 2022, pada 27 September 2022 di Bali. Adapun Indonesia menjadi host country untuk kegiatan tersebut. 

Dalam International Conference, para pelaku pariwisata, pakar, peneliti, dan akademisi bisa berkumpul guna membagi pengalaman dan pengetahuan melalui diskusi dan presentasi. 

  • Kejahatan Jalanan di Yogyakarta Diharapkan Tak Pengaruhi Pariwisata
  • 9 Fakta Pariwisata Dunia: Bangkok Dikunjungi 22,7 Juta Wisatawan

Konferensi tersebut terbuka untuk seluruh pengajar, peneliti, mahasiswa pariwisata, dan pemerhati bidang pariwisata baik di Indonesia maupun luar negeri. 

"Tema besar dari kegiatan International Conference adalah Rethinking Tourism (memikirkan kembali pariwisata) dengan berbagai subtema yang berhubungan dengan pariwisata," kata Pengurus Ketua yayasan Hari Pariwisata Dunia Indonesia, Martiningsih A. Chandra, dalam acara pengumuman International Conference secara daring, Kamis (21/4/2022). 

Adapun subtema dari konferensi tersebut, yakni:

Bagi calon peserta yang berminat, berikut adalah tenggat waktu atau deadline acara tersebut:

Martiningsih menjelaskan, konferensi internasional ini terdiri dari tiga sesi.

"Pertama adalah sesi tentang workshop and mentoring (lokakarya dan pendampingan) untuk para researchers (peneliti), di mana murid-murid S2, S3, dan researchers bisa menampilkan proposal atau paper yang akan diproses lebih lanjut untuk mendapat masukan dari ahlinya," ujarnya. 

Kemudian, sesi kedua merupakan diskusi panel dengan mengundang berbagai pembicara baik dari Indonesia maupun luar negeri. Sedangkan, di sesi ketiga, akan ada presentasi paper yang dipecah menjadi beberapa breakout room (sesi).

Batas waktu untuk periode pendaftaran early bird adalah pada 30 Juni 2022. Biaya untuk peserta dari luar negeri mulai dari 50 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 717.730), sedangkan biaya peserta dari Indonesia mulai dari Rp 150.000 untuk mahasiswa dan Rp 350.000 untuk umum. 

  • Gen Z dan Metaverse Jadi Fokus Strategi Pariwisata Menuju Ekonomi Baru
  • 6 Tren Teknologi Industri Pariwisata 2022, Ada Robot Pengantar Makanan

Ia berharap, ke depannya semakin banyak perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Yayasan Hari Pariwisata Dunia Indonesia. 

"Insya Allah tahun depan dan seterusnya di setiap tahun kami berharap makin banyak kolaborasi, kerja sama, dan dukungan dari perguruan tinggi lain yang belum bisa ikut berpartisipasi pada tahun ini," tuturnya.

Pendaftaran dan info lebih lanjut bisa menghubungi nomor 0813-1584-0768 (Yustisia) atau e-mail ke info.wtd2022@gmail.com.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/21/190400427/world-tourism-day-indonesia-2022-gelar-konferensi-internasional-pada-agustus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke