Salin Artikel

7 Tempat Wisata Tegal yang Cocok untuk Libur Panjang

KOMPAS.com - Kabupaten Tegal, Jawa Tengah terkenal dengan rumah makan khas yaitu Warteg alias Warung Tegal serta bahasa ngapak-nya. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, kabupaten di pesisir utara Jawa ini mempunyai sejumlah destinasi wisata menarik. 

Obyek wisata tersebut cocok untuk dikunjungi saat libur panjang bersama teman atau keluarga. Termasuk, libur Lebaran 2022 ini. 

Terlebih, banyak masyarakat Tegal yang merantau ke luar kota, sehingga momentum libur panjang menjadi kesempatan berwisata dengan keluara. 

1. Wisata air panas Guci

Wisata air panas Guci atau Guci Indah merupakan ikon wisata Tegal. Mengutip situs Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, terdapat pancuran air panas yang mengalir langsung dari Gunung Slamet. 

Air tersebut, dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, seperti rematik dan penyakit kulit. Obyek wisata ini mempunyai sekitar 10 air terjun dan 13 pancuran. 

Selain menikmati wisata air, pengunjung bisa berkeliling area wisata seluas 210 hektar tersebut dengan naik kuda. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Guci Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 


2. Pantai Alam Indah 

Berada di pesisir utara, menjadikan Tegal memiliki sejumlah wisata pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Alam Indah. 

Mengutip Tribun Jateng (23/12/2020), Pantai Alam Indah selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang. Selain panorama pantai, obyek wisata ini juga mempunyai hutan mangrove dan museum bahari. 

Ada sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung seperti kuliner, dermaga apung, mushola, toilet, dermaga apung, dan lainnya. Lokasinya berada di Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. 

3. Pantai Purwahamba Indah

Pantai terkenal lainnya di Tegal adalah Pantai Purwahamba Indah atau Pantai Purin. Mengutip situs Visit Jawa Tengah, Pantai Purin menyediakan fasilitas beragam permainan anak, antara lain waterboom, sepeda air, dan kereta mini. 

Ciri khas Pantai Purin adalah patung replikas dinosaurus di dekat pintu gerbang. Lokasinya berada di jalur utama Tegal-Semarang tepatnya di Jalan Raya Tegal–Pemalang Km 14.

Tak heran, banyak wisatawan mengunjungi pantai ini karena lokasinya strategis. 


4. Curug Cantel

Curug Cantel menawarkan panorama air terjun eksotis serta asri. Mengutip situs Visit Jawa Tengah, air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. 

Nama Curug Cantel berasal dari bahasa Jawa yaitu Canthel yang artinya diikat atau dirangkul. Konon, bila ada pasangan yang cuci muka atau berwudhu di air terjun ini, mereka akan berjodoh selamanya. 

Mitos lainnya menyebut, bagi yang belum memiliki pasangan, bisa segera bertemu dengan jodohnya jika mencuci muka di curug ini. 

Untuk mencapai lokasi curug, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 400 meter dari area parkir. Curug Cantel dikelilingi pepohonan hijau yang masih alami. Lokasinya berada di Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. 

5. Rita Park

Tegal juga memiliki taman hiburan keluarga yakni Rita Park. Mengutip Tribun Travel (23/3/2022), taman hiburan ini dilengkapi dengan puluhan wahana yang bisa dinikmati segala kalangan. 

Sejumlah wahana tersebut, antara lain, mini coaster, sky drop, frog jump, kuda putar, kapal bajak laut, ulang-alik, dan sepeda terbang. 

Wisata ini dilengkapi area wisata indoor dan outdoor. Rita Park berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 155, Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. 

Mengutip Instagram @ritaparktegal, obyek wisata ini tetap buka pada Lebaran hari pertama, mulai pukul 12.00 hingga 21.30 WIB. 

Selanjutnya, jam operasional pada Senin-Minggu mulai 09.00 hingga 21.30 WIB. Jam operasional itu berlaku mulai 1 Mei 2022. 


6. Telaga Sindang Kemadu 

Telaga Sindang Kemadu berada di lereng Gunung Slamet. Mengutip Tribun Jateng, (16/7/2018), telaga ini mulanya adalah daerah aliran sungai (DAS) yang disulap menjadi telaga.

Ada sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan seperti wahan air dan kolam renang khusus untuk anak-anak. Lokasinya sangat asri dan sejuk karena dikelilingi pepohonan.

Telaga Sindang Kemadu berada di Desa Muncanglarang, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. 

7. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban berada di Penujah, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Selain sebagai sumber pengairan, waduk ini menjadi obyek wisata bagi warga sekitar. 

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur. Sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di Waduk Cacaban antara lain memancing dan kuliner aneka olahan ikan. 

Selain kulineran, pengunjung juga bisa duduk-duduk santai sembari menikamti panorama waduk yang indah. 

https://travel.kompas.com/read/2022/05/01/190700327/7-tempat-wisata-tegal-yang-cocok-untuk-libur-panjang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.