Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Cacaban Tegal, Wisata Susuri Waduh dengan Perahu

Kompas.com - 29/04/2024, 09:31 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Waduk Cacaban, destinasi wisata yang menjadi salah satu primadona di Kabupaten Tegal. Terletak di Desa Penujah, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, waduk ini sempat ditutup selama dua tahun karena adanya pekerjaan perbaikan.

Tempat wisata air di Tegal, Jaw Tengah ini menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari menyusuri waduh dengan perahu, menikmati dermaga apung hingga kulineran di pujasera.

Simak daya tarik dan informasi seputar Waduk Cacaban lebih banyak berikut ini.

Baca juga:

Daya tarik Waduk Cacaban di Tegal

Terletak di Desa Penujah, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Waduk Cacaban menawarkan pesona alam memukau dan beragam aktivitas menarik.

Waduk ini telah resmi dibuka kembali untuk umum sejak Sabtu (22/10/2022) setelah dua tahun direnovasi, menghadirkan wajah baru yang semakin memikat para wisatawan.

Daya tarik utama Waduk Cacaban terletak pada keindahan alamnya yang asri. Pemandangan bentangan air yang luas dengan latar perbukitan hijau dan pulau kecil di tengahnya.

Bagi pecinta fotografi, area hutan di sekitar waduk menjadi spot foto yang instagramable.

Tak hanya itu, taman bermain anak dan jogging track juga tersedia untuk melengkapi pengalaman berlibur para pengunjung.

Ilustrasi pintu masuk waduk cacaban tegal, jawa tengah.DOK.SHUTTERSTOCK/fxg90s Ilustrasi pintu masuk waduk cacaban tegal, jawa tengah.

Keunikan Waduk Cacaban juga terletak pada dermaga apungnya. Pengunjung dapat bersantai di atas dermaga sambil menikmati pemandangan waduk yang indah.

Bagi yang ingin merasakan sensasi petualangan, perahu wisata siap mengantarkanmu berkeliling waduk dan menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jangan lewatkan juga untuk menikmati aneka menu kuliner yang ada di sana. Salah satunya, olahan ikan tawar bakar atau pepes.

Wisata air di Tegal yang satu ini juga menawarkan area berkemah bagi para pecinta alam. Rasakan sensasi camping yang unik, area berkemah ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian Waduk Cacaban.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com