Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata ke Sigandul View Temanggung, Jam Buka sampai Rute ke Sana

KOMPAS.com – Temanggung, Jawa Timur memiliki tempat wisata yang terbilang baru namanya adalah Sigandul View. 

Sigandul View mengusung konsep wisata alam, restoran, kafe dan penginapan yang cocok dikunjung oleh keluarga. 

Tempat wisata yang menawarkan panorama gunung dan perbukitan ini, berlokasi di Jalan Raya Parakan - Wonosobo KM 8, Area Sawah, Temanggung, Jawa Tengah. 

Jika berminat untuk berkunjung berikut Kompas.com akan membagikan panduan wisata lengkap ke Sigandul View, mulai dari jam buka, harga tiket, hingga rutenya. 

Jam Buka Sigandul View 

Buat pengunjung yang hanya ingin sekadar menikmati pemadangan di Sigandul View, tanpa bermaksud menginap, bisa mulai berkunjung pada pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Adapun saat weekend atau akhir pekan, jam bukanya pukul 05.00 WIB. Alasan dibuka lebih pagi agar pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbit alias sunrise di Sigandul View.

Fasilitas Sigandul View 

Admin Sigandul View Dewi Suciningtyas menjelaskan bahwa fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, yakni toilet, tempat ibadah, restoran, kafe, serta area parkir luas.

“Untuk wahana hiburan, ada jembatan kaca dan teropong di lantai dua dan tiga, serta taman kelinci dan kolam ikan di taman bawah,” kata Dewi kepada Kompas.com pada Sabtu (19/06/2022).

Jembatan kaca di Sigandul View sangat estetik. Terdapat ujung berbentuk lingkaran dengan latar pemandangan Gunung Sumbing yang menjulang tinggi.

Sebagai tempat foto favorit pengunjung, ujung jembatan kacanya punya kapasitas terbatas. Maksimal hanya boleh dinaiki dan dilewati oleh 10 orang dalam waktu bersamaan.

Jika belum puas hanya singgah beberapa jam saja, pengunjung bisa bermalam di penginapan yang disediakan pihak Sigandul View. 

“Tersedia dua vila atau penginapan untuk kapasitas masing-masing enam orang,” ujar Dewi.

Harga Tiket Sigandul View

Tempat wisata yang baru buka pada April 2022 lalu itu mematok biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orangnya untuk tiket masuk. 

“Tarif masuk atau harga tiket di Sigandul View Rp 15.000, sudah bisa mengakses seluruh area,” ujar Dewi.

Tersedia juga kafe dan restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Harga makanannya mulai dari Rp 15.000-an.

Kemudian, untuk harga sewa vila per malamnya bervariasi. Jika tertarik, pengunjung bisa ditanyakan secara langsung melalui kontak yang ada di laman Instagram Sigandul View.

Rute ke Sigandul View

“Sigandul View terletak di jalan antarkabupaten dan provinsi yang merupakan rute untuk beberapa transportasi umum, sehingga kawasan wisata ini bisa dikunjungi menggunakan kendaraan umum,” ucap Dewi.

Dewi menambahkan, transportasi umum yang bisa dipakai salah satunya adalah bus. Jika dari luar kota misalnya saja dari Yogyakarta calon pengunjung bisa naik Bus Efisiensi.

Saat naik bus, kalian bisa meminta turun di depan Sigandul View, kemudian berjalan menuju loket atau pintu masuk.

Sementara itu, jika dari pusat Kota Temanggung, pengunjung bisa memilih naik kendaraan pribadi karena lebih praktis dan cepat.

Dari pusat Kota Temanggung jaraknya sekitar 17,3 kilometer (km). Dalam waktu sekitar 30 menit, pengunjung yang menaiki kendaraan sudah bisa sampai ke lokasi.

Rutenya mudah. Pengunjung tinggal mengambil jalan utama menuju Kabupaten Wonosobo via Kledung. Nantinya Sigandul View ada di pinggir jalan utama Temanggung-Wonosobo.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/23/210100227/panduan-wisata-ke-sigandul-view-temanggung-jam-buka-sampai-rute-ke-sana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke