Salin Artikel

6 Tips Berkunjung ke Pantai Pasir Putih PIK 2 yang Sudah Buka

KOMPAS.com - Setelah ditutup selama beberapa waktu, Pantai Pasir Putih PIK 2 di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, sudah dibuka kembali.

Meski termasuk di luar Provinsi DKI Jakarta, pantai yang terletak tidak jauh dari ibu kota ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang ingin melepas penat dan lelah. Sebab, kawasannya juga tidak jauh dari Pantai Indah Kapuk (PIK) 1.

Sebagai informasi, kawasan PIK merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk saat ini, tiket masuk Pantai Pasir Putih PIK 2 adalah gratis, dan buka setiap hari pukul 07.00 - 19.00 WIB. 

Dari pemantauan Kompas.com, Rabu (29/6/2022), ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui dan dipersiapkan, jika baru bertama kali mengunjungi pantai ini. Berikut di antaranya:

1. Naik kendaraan pribadi

Hingga saat ini, masih jarang kendaraan dari luar kawasan PIK 2 yang mengangkut penumpang menuju ke pantai.

Adapun Pantai Pasir Putih PIK 2 berada dalam kawasan perumahan dan perkantoran yang masih dalam tahap pembangunan, sehingga cukup luas layaknya satu kota kecil tersendiri.

Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, agar akses pergi dan pulang dari pantai bisa lebih mudah.

Sejauh pemantauan Kompas.com, ada kendaraan umum seperti shuttle bus yang menjangkau kawasan Pantjoran PIK. Namun, untuk tiba di pantai, tetap harus memesan ojek online. Pemesanan ojek online juga tidak terlalu mudah jika dipesan dari pantai, karena lokasinya yang jauh dari keramaian.

Kabar baiknya, rencananya mulai 1 Juli 2022, akan ada shuttle bus keliling kawasan PIK 2 yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Tanggal 1 Juli direncanakan ada kendaraan bus keliling, bisa sampai pantai, kerja sama dengan Dishub. Sudah tanda tangan," kata salah seorang petugas keamanan kepada Kompas.com, Rabu.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, bisa menyiapkan Rp 25.000 untuk parkir mobil dan Rp 15.000 untuk parkir motor. 

Sejauh pantauan di lapangan, saat ini area pantai yang dibuka merupakan kawasan Food Street Pasir Putih. Oleh karena itu, pengunjung harus parkir di Food Street dan melewati area makanan terlebih dahulu, jika ingin mengakses pantai. 

Pasalnya, sebagian sisi sebelah kanan pantai yang ditumbuhi pohon-pohon palem dan papan tulisan cantik "White Sand Beach" belum dibuka untuk umum, masih dibatasi dengan barikade.

"Sementara dibatasi, ini kan masih awal pembukaan, nanti sebelah sana menyusul," kata petugas keamanan tersebut. 

Nantinya, jika sudah dibuka secara penuh, Pantai Pasir Putih PIK 2 akan memiliki panjang sekitar 4 kilometer (km). Serta, menyatu dengan area pantai yang ditempati oleh tempat makan sekaligus nongkrong di Kokoho Beachview. 

Tips selanjutnya, pengunjung disarankan untuk datang di hari biasa (weekdays). Sebab, menurut petugas, jumlah pengunjung akan meningkat terutama di akhir pekan (weekend) maupun hari libur nasional. 

Bahkan, dari pantauan di hari Rabu sore, pengunjung yang datang sudah terhitung cukup ramai memadati kawasan pantai maupun Food Street. 

Menurut informasi, tidak ada kuota harian pengunjung, sehingga syarat masuk hanya perlu memindai aplikasi PeduliLindungi saja. 

4. Datang sore hari

Jika tidak ingin kepanasan dan benar-benar menikmati suasana pantai yang sejuk, pengunjung sebaiknya datang saat sore hari, mulai dari pukul 16.00 WIB.

Namun, perlu diingat, waktu favorit ini juga dicari banyak orang, sehingga ada risiko kawasan pantai menjadi ramai. Selain itu, harus diantisipasi jika cuaca hari tersebut sedang tidak bersahabat alias hujan. 

"Biasanya paling ramai memang jam sekitar pukul tiga sore, karena kalau siang kan pasti meleleh ya kepanasan," terang petugas keamanan. 

Untuk menghindari panas dan ramai, bisa juga datang sangat pagi, misalnya pukul 07.00, saat pantai benar-benar baru dibuka. 

Untuk menghindari keramaian, pengunjung bisa coba datang mulai pukul 14.00 atau 15.00 WIB. Biasanya, para pengunjung mulai memadati kawasan pantai dan Food Street pada waktu sore hari.

Namun, tentunya ada yang harus dipersiapkan, yakni payung atau topi untuk melindungi diri dari terik matahari. Selain itu, jangan lupa mengenakan sunblock jika ingin berlama-lama bermain pasir di pantai.

6. Aturan membawa hewan peliharaan

Pengunjung diperbolehkan membawa binatang peliharaannya dengan syarat tertentu. Di antaranya, tidak boleh memasuki area Pasir Putih, hanya boleh di pinggir jalan.

Kemudian, hewan peliharaan wajib menggunakan tali pengaman dan sudah divaksin. 

https://travel.kompas.com/read/2022/06/30/212900227/6-tips-berkunjung-ke-pantai-pasir-putih-pik-2-yang-sudah-buka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.