Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Dinosaurus, Cocok untuk Liburan Keluarga

KOMPAS.com - Sejumlah daerah di Indonesia memiliki taman hiburan dan tempat wisata edukasi dengan beragam tema, salah satunya dinosaurus.

Semua tempat wisata ini menawarkan berbagai pengalaman seru, mulai dari menonton aksi dinosaurus hingga memberi makan dinosaurus.

Berikut beberapa tempat wisata dinosaurus yang sudah Kompas.com rangkum:

Mojosemi Dinosaurus Park berada di kawasan Mojosemi Forest Park, tepatnya di kaki Gunung Lawu, dan menawarkan panorama hutan.

Alamatnya di Jalan Raya Sarangan, Jl. Cemoro Sewu, No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Tempat wisata ini terdiri dari beberapa bagian, antara lain Taman Dino dan Dino Show. Tersedia juga penginapan, spot selfie, dan wahana outbound. 

Harga tiket masuk ke Mojosemi Dinosaurus Park mulai dari Rp 35.000, namun ada biaya tambahan jika ingin menjajal sejumlah aktivitas, misalnya menonton Dino Show dengan sejumlah dinosaurus yang bisa bergerak.

Jadwal Dino Show selengkapnya dapat dilihat di akun Instagram resmi tempat wisata ini. Wisatawan juga diimbau untuk melakukan pemesanan secara daring terlebih dahulu.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (15/2/2022), Mojosemi Dinosaurus Park buka setiap hari pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Garut Dinoland menjadi salah satu tempat wisata dinosaurus yang baru dibuka, sejak 23 Juni 2022 lalu. 

Lokasinya ada di Kampung Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Selain melihat dinosaurus yang bisa bergerak dan bersuara, pengunjung juga dapat memberi makan dengan makanan buatan. 

Tidak hanya itu, ada pula fasilitas photobooth, playground, dan panjat tebing. 

Garut Dinoland buka setiap hari, pukul 09.00 - 17.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 50.000 pada hari biasa dan Rp 65.000 pada akhir pekan. 

Tiket masuk gratis bagi pengunjung anak-anak setinggi di bawah 80 sentimeter (cm).

Taman Dinosaurus Potorono merupakan unit dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekaring Pono di Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Letaknya tidak jauh dari Telaga Potorono.

Tempat wisata yang baru dibuka usai Lebaran 2022 ini memiliki sejumlah wahana. Antara lain Dokar Dino (Kereta Dino), Dino Ride untuk anak-anak, dan Mini Trill. 

"Rata-rata (tarif naik wahana) semuanya Rp 10,000," kata Ketua Pengelola Taman Dinosaurus Potorono, Nur Basuki, kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Ia menambahkan bahwa saat ini harga tiket masuk ke Taman Dinosaurus Potorono masih gratis. Pengunjung juga bisa berfoto dengan patung dinosaurus yang ada di lokasi.

Jam buka tempat wisata ini pada hari biasa pukul 09.00 - 17.30 WIB, sedangkan pada akhir pekan pukul 08.00 - 17.30 WIB.

Jawa Timur Park, khususnya Jatim Park 3, memiliki taman hiburan yang bertema dinosaurus bernama Dino Park.

Beberapa wahana yang ada di area ini adalah Dino School, Life with Dino, Ice Age, Museum Dino, Jelajah 5 Zaman, dan The Rimba.

Tersedia pula fasilitas food court, musala, jalur untuk kursi roda, dan toilet.

Dino Park buka dari pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Dikutip dari laman resminya, harga untuk tiket terusan Dino Legend mulai dari Rp 140.000 pada hari biasa, dan mulai Rp 160.000 pada akhir pekan.

Wisatawan bisa memesan tiket secara daring melalui situs web resminya.

Jatim Park 3 berada di Jalan Ir. Soekarno Nomor 112, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

World of Wonders merupakan taman hiburan yang ada di kawasan perumahan Citra Raya di Tangerang, Banten. 

Taman hiburan ini terdiri dari aneka wahana yang pas untuk keluarga, antara lain Dino Hunter atau Pemburu Dino dan Kincir Jurasic. Di wahana Pemburu Dino, misalnya, pengunjung akan naik kereta di dalam ruangan untuk menembaki karakter-karakter yang ada. 

Selain itu, ada pula wahana lainnya, di antaranya Katak Kejut, Sepeda Udara, Gasing Alexandria, 7 Keajaiban Dunia, Rumah Angker, Galeri Ilusi, dan Cinema 4 Dimensi.

Harga tiket masuknya saat ini mulai dari Rp 65.000 pada hari biasa dan Rp 75.000 pada akhir pekan lantaran ada promo. Pengunjung anak-anak yang tingginya 85 sentimeter (cm) sudah dikenakan tiket. 

Dengan membayar tiket masuk tersebut, pengunjung sudah mendapat akses ke semua wahana outdoor (luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan). 

Jam buka World of Wonders Citra Raya pukul 09.00 - 17.00 WIB, dan tutup setiap hari Jumat. Alamatnya di Citra Raya Cikupa, Jalan Ecopolis Boulevard, Mekar Bakti, Panongan, Cikupa, Tangerang, Banten.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/09/191900127/5-tempat-wisata-dinosaurus-cocok-untuk-liburan-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke