Salin Artikel

Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan Komersial, tapi Hanya Sementara

KOMPAS.com - Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan, Banten akan melayani penerbangan komersial mulai 5 Agustus 2022. 

"Mulai 5 Agustus, Bandara Pondok Cabe akan dioperasikan untuk penerbangan komersial," demikian tertulis dalam akun Instagram Pemerintah Kota Tangerang Selatan, seperti dikutip Kompas.com, (26/07/2022).

Seiring dengan dioperasikannya bandara untuk penerbangan komersial, Wings Air mengumumkan pembukaan rute baru dari Pondok Cabe menuju Purbalingga, Blora, hingga Lampung, seperti dikutip Kompas.com dari Tribunnews.

Dalam sebuah keterangan tertulis, Corporate Communications Strategic Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, rute baru tersebut dibuka untuk membantu aktivitas masyarakat sekaligus memperlancar kebutuhan perjalanan udara.

"Baik kepentingan keluarga, berwisata, dan bisnis," ungkap Danang dalam keterangan tertulis, Jumat (15/07/2022).

Adapun penerbangan Wings Air dari Pondok Cabe menuju Bandara Radin Inten II di Tanjung Karang, Lampung akan dilakukan setiap hari.

Sementara penerbangan menuju Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga dan Bandar Udara Ngloram, Blora hanya sekali seminggu.

Bandara Pondok Cabe hanya beroperasi sementara

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, beroperasinya Bandara Pondok Cabe dari bandara khusus menjadi bandara komersial hanya berlaku sementara, selama revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan.

Hal itu sesuai Keputusan Menteri (KM) Perhubungan No 13 tahun 2022.

"Bandara Pondok Cabe selama ini adalah bandara khusus, bukan untuk umum. Sesuai dengan isi KM butir kelima, Pondok Cabe sebagai bandara umum berlangsung sampai beroperasinya kembali sisi udara Bandara Halim Perdanakusuma," tutur Adita saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/07/2022).

Adita menambahkan, revitalisasi sisi udara Bandara Halim Perdanakusuma memang sudah selesai. Namun, sementara ini masih digunakan untuk kepentingan militer dan VVIP (Very Very Important Person).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah menyampaikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma diproyeksikan dapat digunakan kembali untuk penerbangan komersial pada September mendatang.

"Pak Menhub pernah menyampaikan paling cepat (operasional Bandara Halim Perdanakusuma) bulan September," tuturnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/28/193049327/bandara-pondok-cabe-layani-penerbangan-komersial-tapi-hanya-sementara

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.