Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jumlah Penumpang Kapal Pelni Naik

KOMPAS.com - Kenaikan harga tiket pesawat menjadi salah satu faktor penumpang kapal laut meningkat.

Manager Komunikasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Ditto Pappilanda menyampaikan, peningkatan penumpang kapal karena naiknya harga tiket pesawat tidak hanya kali ini terjadi.

“Saat 2019 harga tiket pesawat mengalami kenaikan, jumlah pelanggan kapal Pelni juga menunjukkan kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Dikutip dari Antara (10/8/2022), PT Pelni (Persero) hingga paruh pertama 2022 telah mengangkut 1,91 juta penumpang atau naik 155 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Lima wilayah dengan jumlah penumpang tertinggi meliputi Makassar, Bau-Bau, Surabaya, Ambon, dan Balikpapan.

Fasilitas kapal Pelni yang makin baik

Senada, Ditto menyampaikan bahwa antusiasme penumpang Pelni semakin tinggi sebab adanya beragam experience, seperti fasilitas yang ditawarkan.

“Fasilitas di atas kapal yang lengkap, seperti minimarket, mushala, klinik kesehatan, dan kafetaria membuat perjalanan dengan kapal laut menjadi lebih berkesan dan ramah bagi keluarga,” tutur dia.

Adapun menurut Yahya, penumpang kapal Pelni didominasi oleh wilayah tengah sebesar 48 persen, wilayah timur 27 persen, dan wilayah barat 25 persen.

Untuk kapal perintis, kenaikan jumlah penumpang adalah sebesar 36 persen atau total 364.207 penumpang.

Tingginya penumpang kapal karena pelonggaran aturan

Lebih lanjut, Ditto menjelaskan bahwa kenaikan traffic perjalanan penumpang kapal Pelni sebenarnya tidak dapat dipastikan disebabkan oleh satu faktor saja.

Menurutnya, kenaikan penumpang juga disebabkan karena aturan perjalanan dalam negeri selama masa pandemi Covid-19 yang sudah lebih longgar.

“Apalagi sebagian besar penumpang Pelni telah mendapatkan vaksin ketiga atau booster, sehingga tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi syarat perjalanan dari pemerintah,” ujar Ditto.

Kendati demikian, ia menyebutkan bahwa junlah penumpang saat ini sebenarnya masih jauh lebih sedikit dari saat sebelum Covid-19 melanda, khususnya di tahun 2019.

Namun, ia dan pihaknya tetap bersyukur sebab pemerintah telah membuka aturan perjalanan orang dalam negeri, sehingga aktivitas masyarakat mulai berangsur normal.

Ia juga mengimbau masyarakat yang ingin bepergian untuk bisa memanfaatkan saluran resmi melalui laman web dan aplikasi Pelni, loket dan mitra resmi penjualan tiket, serta kontak resmi Pelni saat akan melakukan pemesanan tiket kapal.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/11/210100027/harga-tiket-pesawat-melonjak-jumlah-penumpang-kapal-pelni-naik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+