Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tempat Wisata di Kuta Selatan Bali, Bisa Jalan di Bawah Laut

KOMPAS.com - Kuta Selatan rasanya jadi salah satu destinasi wajib kala berpelesir ke Bali, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Dewata.

Ada banyak destinasi wisata di Kuta Selatan yang juga bisa kamu kunjungi.

Berikut ini Kompas.com rangkum sejumlah tempat wisata di Kuta Selatan, baik yang sudah cukup populer maupun yang belum banyak diketahui. Jangan lupa mampir saat berlibur.

Pantai Nyang Nyang di Desa Pecatu, Badung, Bali ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga menjadi surga bagi para peselancar.

Dikutip dari Kompas.com, letak Pantai Nyang Nyang berada sebelum Pura Uluwatu. Akses menuju Pantai Nyang Nyang terbilang sulit. Oleh karena lokasi pantai yang berada di bawah tebing, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga dengan kemiringan cukup ekstrem.

Namun ketika sampai di bawah, semua terbayarkan. Kamu akan menemukan pasir pantai bertekstur kasar warna kuning keemasan, pemandangan tebing, dan ombak bergulung tinggi.

Tempat ibadah sekaligus destinasi wisata ini terletak 70 meter di atas sebuah tebing, di kawasan Uluwatu. Selain menawarkan panorama laut lepas, dan senja yang memikat, wisatawan juga bisa menyaksikan pentas Tari Kecak yang sangat ikonik.

Sebagai informasi, bila ingin menonton pertunjukan kecak, wisatawan harus membeli dua jenis tiket. Pertama, tiket masuk ke kawasan pura seharga Rp 50.000 bagi orang dewasa dan Rp 30.000 bagi anak usia 4-9 tahun.

Tiket kedua adalah untuk menonton pertunjukan kecak yang lokasinya ada di dalam kawasan pura tersebut, seharga Rp 150.000 per orang. Tidak ada perbedaan tarif untuk wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Untuk anak usia 4-9 tahun itu setengah harga, selebihnya masuk kategori dewasa," demikian kata I Made Sudira kepada Kompas.com, di Bali, belum lama ini.

Jadi, jika ditotal, pengunjung dewasa harus menyiapkan uang sebesar Rp 200.000 per orang bila ingin menonton pertunjukan tari Kecak di Uluwatu.

Untuk diketahui, masuk kawsan pura tidak wajib menonton tari kecak. Kamu boleh sekadar berfoto-foto sembari menikmati keindahan matahari terbenam dan hanya perlu membayar tiket masuk pura.

Pantai Melasti yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung adalah salah satu pantai pasir putih terbaik di Bali.

Terhubung dengan lautan lepas, Pantai Melasti menawarkan dua pemandangan berbeda, yakni panorama laut lepas dan panorama air terjun kecil. Wisatawan juga bisa snorkeling dan menikmati ekosistem bawah laut yang masih terjaga.

Malansir Kompas.com, Kamis (08/09/2022), pengunjung yang ingin menikmati pesona pantai ini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan tarif Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Lalu, jika membawa kendaraan pribadi, tarif parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus dan truk.

Tak hanya pantai, Bali juga punya ikon wisata dalam bentuk karya seni, yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK), yang berada di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Dikutip dari Kompas.com, patung setinggi 121 meter itu merupakan karya seniman Nyoman Nuarta. Rentang sayap garudanya memiliki lebar 46 meter. Sebagai perbandingan, patung Garuda Wisnu Kencana mengalahkan tinggi Patung Liberty di New York, Amerika Serikat, yang mencapai 93 meter.

Pantai Sawangan terletak di Jalan Nusa Dua Selatan, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai ini merupakan kawasan yang sepi dan tenang, sehingga cocok bagi mereka yang ingin melepas penat dari kebisingan ibu kota.

Pengunjung bahkan hanya perlu membayar parkir motor saja, sebesar Rp 2.000.

Menariknya, di Pantai Sawangan pengunjung juga dapat menikmati sensasi keliling pantai menggunakan unta. Melansir Kompas.com, Senin (05/09/2022), tarif keliling menggunakan unta bervariasi, mulai 175.000 per jam untuk 30 menit.

Pantai Pandawa juga disebut dengan Pantai Kutuh, karena lokasinya ada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Dikutip dari Kompas.com, dulunya pantai ini dikenal sebagai Secret Beach, sebab lokasinya yang tersembunyi dan berada di balik tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh semak belukar.

Pemerintah Kabupaten Badung yang melihat potensi wisata Pantai Pandawa, akhirnya membuka akses berupa jalan sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer menuju pantai melewati tebing-tebing kapur tinggi.

Adapun nama Pantai Pandawa diambil dari nama tokoh pewayangan Pandawa Lima. Oleh karena itu, ketika memasukKi kawasan pantai, wisatawan akan disambut oleh patung Pandawa Lima, yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. 

Ingin coba wahana yang agak ekstrem dan berbeda dari yang lain di Bali? Sea walker alias wahana berjalan di bawah laut ini mungkin bisa jadi opsi aktivitas anti-mainstream di Pulau Dewata.

Lokasinya ada di kawasan Tanjung Benoa, hanya sekitar 30 menit perjalanan darat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Adapun harga tiket per orang ialah Rp 400.000 untuk wisatawan nusantara,dan 90 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 1,3 juta untuk wisatawan mancanegara. Biaya ini di luar jasa dokumentasi, yakni sebesar Rp 350.000 untuk empat orang dalam satu sesi sea walking.

Namun, sebelum menjajal wahana ini pastikan kamu sehat dan tidak punya penyakit jantung, tidak menderita epilepsi dan gangguan pernapasan, serta tidak dalam keadaan hamil.

"Sebelum melakukan aktivitas, kita pastikan bahwa tamu itu sehat. Safety first. Ada hitam di atas putih, dia harus tanda tangan (di selembar kertas), ada ketentuan di sana, setelah semuanya oke, baru kita turun," tutur pihak manajemen PT Ciwa Sempurna Dive and Water Sports, Nyoman Sariana, kepada Kompas.com di Bali, belum lama ini.

Pantai Geger berada di kawasan Nusa Dua Bali. Untuk masuk ke Pantai Geger, wisatawan hanya cukup membayar tiket sebesar Rp 3.000. Di pantai ini kamu bisa sekedar berjemur, bermain air hingga berselancar.

Pada Maret 2017 silam, Pantai Geger pernah dikunjungi Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al-Saud sebagai tempat berlibur.

Pantai Nusa Dua berlokasi di kawasan Nusa Dua dan pernah masuk daftar 25 pantai terbaik di Asia pada tahun 2021 versi situs perjalanan TripAdvisor melalui penghargaan Travelers' Choice Best of the Best 2021.

Pantai ini punya ombak yang tenang, sehingga pas untuk keluarga.

Nusa Dua merupakan tempat yang tepat jika ingin relaksasi dan mencari ketenangan. Di kawasan ini, terdapat sejumlah resor kelas dunia yang cocok bagi kamu yang ingin bersantai di akomodasi premium.

https://travel.kompas.com/read/2022/10/03/173832927/9-tempat-wisata-di-kuta-selatan-bali-bisa-jalan-di-bawah-laut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke