Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sail Tidore Expo 2022, Ajang Promosi Wisata Urban dan Alam Kepulauan Seribu

KOMPAS.com - Gelaran Sail Tidore Expo 2022 yang berlangsung pada 24-29 November 2022, dimanfaatkan sebagai ajang promosi wisata urban dan wisata alam Kepulauan Seribu, oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta.

Mengangkat tema "Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa," acara ini dilaksanakan di kawasan Pantai Wisata Tugulufa, Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

  • Panduan ke Pameran Keris Bentara Budaya Jakarta, Jam Buka dan Akses
  • 3 Tempat Makan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta, Mulai Rp 10.000

Pada acara ini, Disparekraf DKI Jakarta menampilkan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata primadona yang ditawarkan kepada dunia.

"Kini berlibur di Kepulauan Seribu menjadi pilihan yang bersaing karena semua kebutuhan dasar wisatawan terpenuhi di sana. Mulai dari air, listrik, hingga internet," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata dalam laman resmi PPID Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Menurut Andhika, Kepulauan Seribu juga menjadi destinasi yang tepat bagi mereka yang ingin merasakan sensasi bekerja sambil berlibur atau kerap disebut digital nomad.

Seperti diketahu, beberapa tahun belakangan Kepulauan Seribu mengalami perkembangan yang amat pesat. Mulai dari pemenuhan hak-hal dasar seperti kebutuhan pokok, air, dan listrik hingga aspek pariwisatanya dengan meluncurkan Digital Nomad Island Mei lalu.

Sebagai informasi, Kepulauan Seribu masuk dalam 13 proyek baru yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Disparekraf DKI Jakarta buka booth promosi pariwisata Jakarta di Sail Tidore Expo 2022

Di sisi lain, dalam gelaran Sail Tidore Expo 2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Disparekraf DKI Jakarta juga membuka booth yang bertemakan wisata urban, serta menampilkan produk-produk ekonomi kreatif khas Jakarta.

"Kami menampilkan antara lain Batik Marunda yang memiliki motif batik bertemakan pesisir, Batik Emma dengan design khas Betawi, serta Mpok Nini yang menawarkan produk kuliner khas Betawi seperti bir pletok, dodol betawi, kembang goyang, dan juga akar kelapa," imbuhnya.

Adapun kegiatan Sail Tidore Expo 2022 merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia.

Event bertaraf internasional itu rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia di acara puncak pada hari ini, 26 November 2022.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/26/111310827/sail-tidore-expo-2022-ajang-promosi-wisata-urban-dan-alam-kepulauan-seribu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke