Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Alternatif untuk Hindari Macet di Yogyakarta Saat Libur Akhir Tahun

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyiapkan jalur alternatif untuk urai kemacetan saat libur akhir tahun.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendataan jalur-jalur alternatif untuk dilalui wisatawan yang akan berkunjung ke DIY.

Made menambahkan, jalur-jalur alternatif ini dapat digunakan untuk mengurai kemacetan di 4 jalur utama, sepertiWates-Yogyakarta, Sleman Tempel, Yogyakarta-Prambanan, dan Yogyakarta-Wonosari.

"Jalur-jalur itu yang dilewati oleh wisatawan yang ke Yogyakarta," kata Made, Jumat (23/12/2022).

Daftar jalur alternatif di DIY

Made membeberkan terdapar berbagai jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

1. Yogyakarta - Kulon Progo

Pertama, kendaraan akan menuju Kulon Progo  tidak harus masuk melalui Jalan Wates-Yogyakarta.

Kendaraan bisa melalui jalur alternatif, yakni di ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, Ruas Temon-Troya-Brosot, Ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot, dan Jembatan Timbang Kuaru.

2. Yogyakarta - Gunungkidul

Made melanjutkan, kendaraan yang menuju Gunungkidul dapat melalui jalur Ruas Dlingo-Dodogan-Playen, Wonosari-Karangmojo-Semin, Sambipitu-Sambirejo, dan JJLS Panggang-Rongkop.

3. Yogyakarta - Sleman

Wisatawan yang hendak menuju pusat Kabupaten Sleman, tidak hanya bisa lewat Jalan Magelang.

Jalur alternatif Sleman bisa melalui Ruas Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan, Klangon-Godean-Tempel, Melati-Balangan-Dekso, Denggung-Beksi, Kuroulon-Johonalang, Prambanan-Piyungan, dan Klangon-Sedayu-Minggir-Tempel.

4. Yogyakarta - Bantul

Lanjut Made, Jalur alternatif di Bantul adalah Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang, Brosot-Srandakan-Bantul, Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang.

"Untuk jalur rawan longsor ada di beberapa lokasi, seperti Piyungan, Jogja-Wonosari-Patuk, Pracimantoro-Rongkop, Dekso, Muntilan, Samigaluh, Temon, dan Panggang," ucap dia.

Pihaknya mengatakan, jalur rawan longsor di Kecamatan Piyungan, Bantul akan bisa dilewati saat libur akhir tahun. Namun jika kendaraan terlalu banyak, akan dilakukan pembatasan.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/23/170500527/jalur-alternatif-untuk-hindari-macet-di-yogyakarta-saat-libur-akhir-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke