Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Promo Mudik Lebaran 2023 dari Kemenparekraf dan 4 Agen Perjalanan

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan sejumlah agen perjalanan daring (OTA) guna menyiapkan berbagai diskon khusus mudik Lebaran 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, ada banyak diskon untuk transportasi, hotel, akomodasi, dan paket wisata selama mudik Lebaran tahun ini.

  • DAMRI Layani Mudik Gratis 2023 ke Pontianak, Surabaya, dan Banten
  • 21 April 2023 Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik dengan KA dari Jakarta

"Kami mengapresiasi beberapa OTA yang telah berpartisipasi karena promo-promo ini paling banyak dinanti-nanti dan menjadi salah satu upaya kita untuk membuat harga tiket hingga akomodasi lebih terjangkau," ujar Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Dia berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan jumlah perjalanan, lama tinggal, dan pengeluaran wisatawan nusantara saat mengunjungi destinasi wisata, desa wisata, serta atraksi wisata, dengan memanfaatkan promo libur Lebaran.

Adapun keempat OTA yang bekerja sama dengan Kemenparekraf dalam program mudik Lebaran 2023 ini yaitu Atourin, Mister Aladin, tiket.com, dan Traveloka.

Pertama, Atourin menawarkan diskon 10 persen secara merata untuk seluruh produk di marketplace (lokapasar)-nya selama bulan April 2023.

"Tanpa minimal transanksi dan flat semuanya 10 persen untuk pemesanan di Atourin termasuk paket ke desa wisata," ucap Chief Executive Officer Atourin, Benarivo Triadi Putra dalam kesempatan serupa.

  • 8 Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pansela, Mampir Saat Mudik
  • Sebelum Mudik, Simak 4 Cara Amankan Listrik di Rumah agar Tidak Kebakaran

Kemudian, di platform perjalanan Mister Aladin, pelaku perjalanan bisa booking hotel dengan potongan harga hingga Rp 500.000, dapat diskon tiket kereta api hingga 75 persen, dapat diskon tiket pesawat hingga Rp 1,5 juta, serta dapat diskon sebesar 50 persen untuk paket wisata di lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

"Berlaku dari tanggal 1 sampai akhir bulan April," kata General Manager Business Development Mister Aladin, Yudhi Ramadhani Said.

Di sisi lain, Traveloka juga menghadirkan promo #RayakanYourWay untuk transportasi, akomodasi, dan aktivitas wisata.

Chief Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, promo ini khususnya ditujukan guna mengakomodasi para wisatawan yang kerap melakukan pemesanan pada saat-saat terakhir atau last minute.

Melalui promo Traveloka, pelaku perjalanan bisa menikmati potongan harga tiket pesawat sampai Rp 1 juta, potongan harga tiket kereta api hingga Rp 150.000, serta diskon hotel, atraksi dan aktivitas wisata yang diberi diskon hingga 50 persen.

  • 7 Tempat Wisata di Pekalongan, Bisa Mampir Beli Batik Saat Mudik
  • 7 Tempat Wisata Murah Meriah di Cilacap, Bisa Singgah Saat Mudik

Sementara itu, tiket.com memiliki penawaran bertajuk Tiket Hari Raya (THR).

Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, pihaknya menyediakan diskon hingga 40 persen ditambah diskon sampai Rp 570.000 untuk berbagai pemesanan akomodasi, transportasi, serta aktivitas wisata melalui aplikasi tiket.com.

Shirley menuturkan, selama periode Lebaran 2023, terjadi lonjakan pemesanan tiket pesawat domestik hingga dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun 2022 lalu.

"Lalu, pada periode Lebaran, ada juga tren baru, mudikcation, yang mana hampir 50 persen dari responden yang kami survei punya rencana selain mudik juga extend (memperpanjang liburannya)," papar Shirley.

Hal senada terkait peningkatan yang cukup signifikan saat Lebaran 2023 juga diucapkan oleh Gaery.

"Tiket penerbangan kenaikannya sampai 288 persen, akomodasi mencapai 200 persen, dan ground transport (transportasi darat) bisa mencapai 300 persen. Ini luar biasa dibandingkan dengan periode sebelumnya, tahun sebelumnya," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/19/141100027/daftar-promo-mudik-lebaran-2023-dari-kemenparekraf-dan-4-agen-perjalanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke