Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Tempat Wisata di Pangandaran, Pantai hingga Akuarium Raksasa 

KOMPAS.com - Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya pantai, obyek wisata di Pangandaran tersebut berupa air terjun atau curug, goa, batuan kapur, akuarium raksasa, dan sebagainya.

Keindahan wisata di Pangandaran sudah terkenal hingga mancanegara. Meskipun merupakan wilayah pemekaran, namun keindahan tempat wisata di Kabupaten Pangandaran bisa disandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat. 

Tempat wisata di Pangandaran 

Berikut tempat wisata di Pangandaran seperti dihimpun Kompas.com.

Pantai Pangandaran merupakan ikon wisata Pangandaran, sekaligus salah satu obyek wisata primadona di Provinsi Jawa Barat

Daya tarik Pantai Pangandaran adalah hamparan pasir putih yang luas. Selain itu, air lautnya biru jernih sehingga setiap pengunjung bisa melihat batu karang dan aneka biota laut dari permukaan.

Mengutip laman Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pantai Pangandaran juga memiliki kawasan cagar alam seluas 530 hektar, yang didalamnya terdapat goa alam berusia ratusan hingga ribuan tahun.

Adapun lokasi Pantai Pangandaran berada di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Ikon wisata Pangandaran lainnya adalah Green Canyon. Obyek wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh ini berupa aliran sungai yang diapit oleh dua buah bukit bebatuan yang menembus gua.

Melansir dari laman Pangandaran Tourism, daya tarik Green Canyon adalah keberadaan jembatan tanah dengan lebar tiga meter yang terbentuk secara alamiah, serta menghubungkan kedua tebing sungai.

Adapun nama Green Canyon, pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis yang bernama Bill Jhon. Sebab, obyek wisata tersebut mengingatkannya pada sebuah ngarai di Grand Canyon, Arizona, AS yang membelah Sungai Colorado.

Adapun lokasi Green Canyon Pangandaran berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Daya tarik Pantai Barat hamparan pasir putih yang membentang luas. Selain itu, ombaknya tidak begitu besar sehingga aman bagi wisatawan, seperti dikutip dari Portal Pangandaran.

Obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan di Pantai Barat seperti bermain boogie, menikmati sunset, menyewa sepeda dan ATV, surfing atau hanya sekedar melepas lelah.

Pada malam hari, wisatawan bisa menyewa odong-odong untuk berkeliling kawasan wisata. Lokasi Pantai Barat berada di Jalan Pamugaran Bulak Laut, Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Selain Pantai Barat, wisatawan bisa menjumpai Pantai Timur Pangandaran. Lokasinya berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran.

Sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Pantai Timur antara lain snorkeling, memancing, diving, atau berkeliling menggunakan ATV.

Wisatawan juga bisa belanja ikan segar hasil tangkapan laut langsung dari para nelayan. Pantai Timur juga cocok untuk menikmati pemandangan sunset atau sunrise.

Kabupaten Pangandaran memiliki sejumlah obyek wisata air terjun atau curug yang menawan. Salah satu curug di Pangandaran yang populer adalah Curug Citumang.

Daya tarik Curug Citumang adalah aliran sungai jernih berwarna kehijauan yang membelah hutan jati, seperti dikutip dari Pangandaran Tourism.

Aliran Sungai Citumang menembus ke dalam gua dengan tepian sungai dihiasi bermacam-macam ornamen batu alam. Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung, seperti  berenang, body rafting, atau sekedar menikmati pemandangan curug dan sungai. 

Lokasi Curug Citumang berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

6. Curug Luhur 

Curug Luhur menawarkan pemandangan eksotis berupa air terjun dengan aliran bertumpuk. Lokasinya berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Mengutip Tribun Priangan, Curug Luhur memiliki ketinggian 98 meter. Untuk menuju lokasi curug, wisatawan perlu jalan kaki atau trekking.

Meskipun fasilitas belum begitu memadai, terdapat penginapan di area Curug Luhur. Wisatawan yang menginap bisa menikmati panorama curug pada pagi hari lantaran lokasinya hanya 15 menit berjalan kaki dari penginapan.

7. Curug Jambe Anom 

Curug Jambe Anom menawarkan pemandangan yang masih asri. Lokasinya berada di Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran.

Air terjun ini dikelilingi bebatuan yang masih alami. Untuk menuju lokasi curug, wisatawan perlu trekking lebih dulu.

Seperti namanya, wisatawan bisa menjumpai  batu karang yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Karang Nini. Adapun dalam bahasa Sunda, nama Karang Nini berarti karang mirip nenek, seperti dikutip dari Portal Pangandaran.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan  batu karang yang memecah ombak tersebut. Suasana di pantai ini masih tergolong asri dan cukup tenang.

Lokasi pantai ini berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Pantai Batu Karas terkenal sebagai lokasi favorit para peselancar domestik maupun luar negeri. Sebab, ombak di Pantai Batu Karas cukup besar.

Mengutip Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, Pantai Batu Karas juga menawarkan beragam kuliner seafood. Meskipun terbilang masih sepi, namun fasilitas di Pantai Batu Karas cukup memadai seperti penginapan, warung makan, sarana ibadah, toilet, area parkir, serta fasilitas lainnya. 

Lokasi pantai ini berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Goa Sinjang Lawang berada di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran.

Mengutip laman Direktori Pariwisata, goa ini memiliki panjang 500 meter serta dilewati aliran Sungai Cijulang. Sementara, lebar goa sekitar 65 meter dengan tinggi 60 meter.

Disebut Sinjang Lawang karena di dinding pada mulut goa terdapat ukiran batu mirip batik yang tercipta karena proses alam. Ukiran batu tersebut menyerupai  motif batik khas Sunda pada kain sinjang atau sarung.

Selain stalaktit dan stalagmit, daya tarik Goa Sinjang Lawang adalah sinar matahari yang menembus goa melalui langit-langit pada siang hari. Wisatawan bisa menyusuri Goa Sinjang Lawang dengan bantuan pemandu.

Para pencinta body rafting, wajib menjajal obyek wisata satu ini. Mengutip Tribun Priangan, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Santirah menggunakan river tubing atau body rafting selama dua jam.

Sepanjang rute, wisatawan bisa menyaksikan keindahan bebatuan alam, keindahan air terjun, hingga menyusuri lorong goa.

Jika ingin menjajal keseruan Green Santirah, lokasinya berada di  Karangmukti, RT.05/RW.08, Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. 

Pantai Batu Hiu kerap dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat, karena memiliki batu karang yang menjorok ke tengah laut seperti Tanah Lot, Bali.

Mengutip Portal Pangandaran, nama Batu Hiu berasal dari keberadaan batu karang di tengah laut yang bentuknya menyerupai ikan hiu.

Destinasi wisata alam ini menawarkan keindahan laut lepas Samudera Hindia dari bukit karang. Selain itu, ada hamparan rumput hijau serta vegetasi Pandan Wong yang memberikan nuansa teduh.

Lokasi Pantai Batu Hiu berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Pantai Madasari merupakan salah satu pantai eksotis di Pangandaran. Obyek wisata ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berburu sunset.

Lokasinya berada di ujung barat Kabupaten Pangandaran, tepatnya di Jalan Pantai Wisata, Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Ombak di pantai ini cukup tinggi, sehingga pengunjung disarankan tidak berenang ke tengah laut. Namun demikian, wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Madasari sembari bermain pasir di tepian.

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu pantai primadona di Kabupaten Pangandaran. Lokasinya berada di ujung barat Pantai Pangandaran. 

Mengutip Tribun Jabar, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Pasir Putih. Selain menikmati hamparan pasir putih, pengunjung bisa melihat bangkai kapal viking, bebatuan karang, dan biota laut. 

Pantai Pasir Putih juga berada dekat dengan taman wisata alam (TWA) Pangandaran. Jadi, sambil menikmati pemandangan pantai,  wisatawan bisa melihat pepohonan rindang dan sejumlah hewan di TWA Pangandaran.

Tak heran, obyek wisata di Pangandaran ini selalu ramai wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

15. Pantai Pangelek

Pantai di Pangandaran yang satu ini memang belum sepopuler pantai lainnya. Namun demikian, pemandangannya tak kalah menarik.

Adapun daya tarik Pantai Pangelek adalah pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam. Selain itu, ombak di pantai ini  tidak begitu besar sehingga aman bagi wisatawan untuk bermain di tepian.

Pantai Pangelek memiliki kawasan pantai yang cukup luas sehingga wisatawan dapat bermain di pantai dengan leluasa. Lokasinya berada di Batu Karas. Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

16. Pantai Lembah Putri 

Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Pantai Lembah Putri dari atas bukit dengan menaiki tangga. Bukit yang biasa disebut miniatur tembok China itu, menjadi  salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.

Selain menikmati panorama, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Lembah Putri. Mulai dari memancing, berkemah, hingga mencoba wahana di tempat wisata ini.

Wisatawan juga bisa melihat sebuah goa di sekitar pantai, yakni Goa Ronggeng. Lokasinya berada di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini kerap dijuluki sebagai Paradise Beach karena menawarkan pemandangan indah nan eksotis. Lokasinya berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Mengutip Portal Pangandaran, daya tarik Pantai Karapyak adalah  hamparan pasir putih dipadu dengan bebatuan karang di sepanjang garis pantainya.

Ada banyak aktifitas wisata yang dapat dilakukan seperti berkemah, memancing, outbond, kuliner dan fotograpi. Selain itu wisatawan juga dapat melihat ikan kecil dan biota laut.

18. Pantai Bojong Salawe

Pantai Bojong Salawe berada diantara Pantai Batu Hiu dan Pantai Batu Karas, hanya dipisahkan oleh muara Sungai Bojongsalawe. Tepatnya di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Muara tersebut dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk mencari ikan. Oleh sebab itu, wisatawan bisa berburu ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dekat Pantai Bojong Salawe.

Sayangnya, ombak di pantai ini cukup besar, sehingga pengunjung dilarang berenang.

19. Pantai Keusik Luhur 

Pantai di Pangandaran yang satu ini terkenal dengan deburan ombak besar. Oleh sebab itu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit, seperti dikutip dari Portal Pangandaran.

Daya tarik Pantai Keusik Luhur adalah pemandangan deburan ombak yang menerjang batu karang. Sekitar pantai dikelilingi dengan bukit karang yang melengkung sehingga cocok untuk spot foto

Lokasinya berada di DesaKertamukti, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

Kabupaten Pangandaran memiliki obyek wisata akuarium raksasa, yakni Aquarium Indonesia Pangandaran. Lokasinya berada di Kecamatan Babakan, Kabupaten Pangandaran. 

Mengutip Kompas.com (22/12/2022), selain menyaksikan ikan di balik kolam cekung yang membentang sepanjang 47 meter, pengunjung juga bisa menyentuh biota laut secara langsung hingga belajar sejarah kekayaan Nusantara.

Tidak hanya itu, Aquarium Indonesia Pangandaran juga diklaim sebagai jendela akuarium terbesar di Indonesia yang membentang sepanjang 33 meter

https://travel.kompas.com/read/2023/04/29/200300227/20-tempat-wisata-di-pangandaran-pantai-hingga-akuarium-raksasa-

Terkini Lainnya

8 Penginapan di Ciwidey dengan Kolam Air Panas, Cocok untuk Relaksasi

8 Penginapan di Ciwidey dengan Kolam Air Panas, Cocok untuk Relaksasi

Hotel Story
Capaian Timnas U-23 di Piala Asia Bawa Dampak Pariwisata untuk Indonesia

Capaian Timnas U-23 di Piala Asia Bawa Dampak Pariwisata untuk Indonesia

Travel Update
Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen 2024 dan Cara Pesan via Online

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen 2024 dan Cara Pesan via Online

Travel Tips
3 Promo BCA Australia Travel Fair 2024, Ada Cashback hingga Rp 2 Juta

3 Promo BCA Australia Travel Fair 2024, Ada Cashback hingga Rp 2 Juta

Travel Update
4 Promo Tiket Pesawat dan Tur BCA Australia Travel Fair, Rp 7 Juta ke Perth PP

4 Promo Tiket Pesawat dan Tur BCA Australia Travel Fair, Rp 7 Juta ke Perth PP

Travel Update
Hari Ini, BCA Australia Travel Fair 2024 Digelar di Gandaria City

Hari Ini, BCA Australia Travel Fair 2024 Digelar di Gandaria City

Travel Update
10 Tips Wisata Saat Cuaca Panas, Pakai Tabir Surya dan Bawa Topi

10 Tips Wisata Saat Cuaca Panas, Pakai Tabir Surya dan Bawa Topi

Travel Tips
5 Wisata di Palangka Raya, Ada Wisata Petik Buah

5 Wisata di Palangka Raya, Ada Wisata Petik Buah

Jalan Jalan
5 Tips ke Museum iMuseum IMERI FKUI di Jakarta, Reservasi Dulu

5 Tips ke Museum iMuseum IMERI FKUI di Jakarta, Reservasi Dulu

Travel Tips
Cara Menuju ke Bukit Tangkiling Kalimantan Tengah

Cara Menuju ke Bukit Tangkiling Kalimantan Tengah

Jalan Jalan
Bukit Tangkiling Palangka Raya untuk Pencinta Alam dan Petualangan

Bukit Tangkiling Palangka Raya untuk Pencinta Alam dan Petualangan

Jalan Jalan
Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Jalan Jalan
Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Travel Update
Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Jalan Jalan
Kering sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Kering sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke