Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Ramai Saat Libur Lebaran 2023, Menparekraf: Tren Wisata Baru

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, selama libur Lebaran 2023 banyak masyarakat yang tidak mudik memilih berwisata di Jakarta.

Menurutnya, berwisata dalam kota saat libur Lebaran justru menjadi tren bagi mereka yang tidak mudik.

  • Akan Ada Wisata Transportasi Umum di Jakarta, Mau Ikut?
  • Libur Lebaran 2023, Tingkat Okupansi Hotel di Jakarta Hanya 25 Persen

"Kami melihat tren bahwa yang tidak mudik yang di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) melakukan reverse tourism ke Jakarta," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Hal tersebut, kata Sandiaga, terlihat dari ramainya pengunjung di berbagai tempat wisata di Ibu Kota saat libur Lebaran beberapa waktu lalu.

"Saya bisa menambahkan, saat saya ke mal, khususnya yang ada Jakarta Aquarium, itu penuh banget sampai 4.000 pengunjung," ucap dia.

Selain itu, menurutnya sejumlah tempat wisata unggulan lainnya di Jakarta juga dipadati pengunjung selama libur Lebaran 2023.

Tempat wisata tersebut termasuk Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monas, dan Masjid Istiqlal.

Menariknya lagi, kata Sandiaga, transportasi umum di Jakarta juga menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata di Ibu Kota, seperti MRT, Commuter Line (KRL), dan TransJakarta.

"Bahwa naik MRT itu bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi teman-teman yang mungkin di daerahnya tidak ada transportasi umum nyaman yang aman, dan punya daya tarik tersendiri. Apalagi transportasi publik tersebut dikelola dengan penuh profesional," ucapnya.

  • Imagispace, Pameran Seni Digital yang Instagramable, Hadir Lagi di Jakarta
  • Jam Buka dan Tarif Photobooth di Depan Sarinah Jakarta

Peluang inilah yang coba ditangkap oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama sejumlah pihak guna ditawarkan saat libur panjang (long weekend) mendatang.

"Kami justru menangkap peluang ini melakukan kerjasama dengan PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia), nanti untuk setiap ada long weekend dan sebagainya, Jakarta justru menawarkan beberapa destinasi unggulan," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/03/210900527/jakarta-ramai-saat-libur-lebaran-2023-menparekraf--tren-wisata-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke