Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Beli Oleh-oleh Haji dan Umrah di Bandung 

KOMPAS.com - Membeli oleh-oleh haji di dalam negeri menjadi alternatif untuk mengurangi barang bawaan jemaah haji sepulang dari Mekkah. Selain itu, harganya lebih miring dengan kualitas yang sama lantaran diimpor dari Arab Saudi, dan negara di Timur Tengah lainnya.

  • Sejarah Idul Adha, Mengapa Disebut Lebaran Haji dan Kurban?
  • 6 Tempat Beli Oleh-oleh Haji dan Umrah di Jakarta 

Jika kamu mencari tempat beli oleh-oleh haji dan umrah di Bandung, ada sejumlah rekomendasi toko yang bisa kamu sambangi. Saat musim haji, toko oleh-oleh ini selalu dipadati pengunjung.

Tempat beli oleh-oleh haji di Bandung 

Berikut rekomendasi tempat beli oleh-oleh haji dan umrah di Bandung. Toko-toko ini menyediakan beragam perlengkapan haji, dari aneka pernak-pernik hingga camilan.

1. Pasar Baru Bandung 

Pasar Baru Bandung merupakan salah satu tempat belanja populer di Bandung. Lokasinya berada di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung.

Kamu bisa menjumpai beberapa toko oleh-oleh haji di Pasar Baru Bandung yang menyediakan beragam perlengkapan haji, mulai dari sajadah, peci, mukena, tasbih, dan sebagainya.

Adapula camilan oleh-oleh haji, seperti kurma, air zamzam, kismis, kacang Arab, dan sebagainya.

Selain oleh-oleh haji, pengunjung  dapat membeli berbagai macam produk fashion, seperti pakaian, sandal, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Selain itu, pasar baru juga terdapat kuliner khas Bandung yang terkenal kelezatan cita rasanya.

Bursa Sajadah adalah toko ritel perlengkapan muslim dan oleh-oleh haji atau umrah yang berdiri sejak 1998, seperti dikutip dari laman resminya.

Toko ini telah memiliki 12 toko cabang yang tersebar di delapan kota, meliputi, Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Malang, Surabaya, Cirebon, Depok, dan Tangerang.

Khusus di Bandung, terdapat empat gerai Bursa Sajadah yang berlokasi di Gedung Aisyah Citarum, Jalan Inhoftank, Ujung Berung, dan Metro Trade Center. 

Selain oleh-oleh haji, toko ini juga menjual perlengkapan ibadah, busana muslim, makan khas Timur Tengah, dan suplemen herbal.

3. Ramadhani 

Tempat beli oleh-oleh haji di Bandung selanjutnya adalah Toko Ramadhani yang berlokasi di Jalan Belakang Pasar Nomor 52, Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Toko ini merupakan grosir kurma, sekaligus pusat perlengkapan ibadah haji dan umrah. Toko Ramadhani juga menyediakan paket oleh-oleh haji dan umrah, sehingga memudahkan jemaah yang ingin berbagai kepada keluarga atau kolega. 

  • 6 Tips Memilih Travel Haji dan Umrah yang Aman
  • DAMRI Operasikan 178 Armada untuk Layani 157.000 Calon Jemaah Haji

4. Nabawi 

Toko oleh-oleh haji dan umrah Nabawi berlokasi di Jalan Kampus I Nomor 32, Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung. Toko ini menyediakan oleh-oleh haji dan umrah lengkap mulai dari kismis, kurma, kacang-kacangan, coklat, hingga pernak-pernik lainnya seperti tasbih, sajadah, tas, peci, dan sebagainya.

Adapula pilihan paket oleh-oleh haji dan umrah dengan harga yang lebih ekonomis. Toko Nabawi menjamin keaslian barang-barang yang dijual di toko ini.

Untuk memudahkan pelanggan, Toko Nabawi juga menyediakan penjualan online di berbagai platform e-commerce.

Toko Al Haramain berlokasi di Jalan Inggit Ganarsih Nomor 36, Ciateul, Bandung. Salah satu produk unggulan di toko oleh-oleh haji dan umrah ini adalah kurma kualitas super, yaitu Deglet Libya.

Mengutip Tribun Jabar, kurma impor ini bentuknya lebih besar dari kurma biasa. Deglet Libya terkenal memiliki rasa yang sangat lezat. Sayangnya, kurma jenis ini sulit didapatkan karena barang langka. Adapula jenis kurma

lainnya seperti kurma Tunisia, kurma ajwa atau kurma nabi, kurma Palestina, dan sebagainya.

Al Haramain juga menyediakan perlengkapan haji dan umrah lengkap, termasuk berbagai oleh-oleh dan cendiramata mulai dari kacang-kacangan, peci, gamis, sajadah, dan sebagainya

Sesuai namanya, toko oleh-oleh haji dan umrah ini menawarkan beragam kurma sebagai produk unggulan. Ada kurma ajwa, kurma sukari, kurma Tunisia, dan sebagainya.

Selain itu, ada produk perlengkapan ibadah haji dan umrah lainnya di Kurma Alif. Toko ini memiliki tiga cabang di kota-kota besar, meliputi Bandung, Tangerang, dan Yogyakarta.

Khusus di Bandung, Kurma Alif berlokasi di Jalan Purwakarta, Nomor 189A, Antapani Tengah, Kota Bandung. Jika tidak sempat datang ke tokonya, kamu bisa membeli aneka oleh-oleh haji melalui online store Kurma Alif.

7. Al Ikram 

Tempat beli oleh-oleh haji dan umrah di Bandung selanjutnya adalah Al Ikram. Alamatnya ada di Jalan Terusan Jakarta Nomor 261-293, Antapani Wetan, Kota Bandung.

Pengunjung bisa menemukan beragam oleh-oleh haji dan umrah di Al Ikram. Mulai dari camilan, seperti air zamzam, kurma, kismis, coklat, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Adapula perlengkapan ibadah haji dan umrah, seperti peci, sajadah, baju koko, mukena, gamis, dan lainnya.

Toko An Nisa berloka di Jalan Raya Bojongsoang, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kota Bandung. Selain perlengkapan haji dan umrah, toko ini juga menjual pakaian muslim.

Toko ini bisa menjadi alternatif saat mencari toko oleh-oleh haji dan umrah di Bandung.  

Pengunjung bisa menemukan aneka cemilan impor khas Tanah Suci, seperti kurma, kismis, kacang-kacangan, dan lainnya. Adapula, pernak-pernik oleh-oleh haji, seperti minyak zaitun, henna, air zamzam, peci, tasbih, parfum, sajadah, dan sebagainya.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/06/194500927/7-tempat-beli-oleh-oleh-haji-dan-umrah-di-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke