Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata di Banggai Kepulauan yang Populer, Ada Danau Sebening Kaca

KOMPAS.com - Kabupaten Banggai Kepulauan berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Wilayah ini memiliki beragam tempat wisata alam dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.

"Sebagai daerah kepulauan, Banggai Kepulauan memiliki banyak obyek wisata alam, obyek wisata bahari yang sangat indah dan tidak dimiliki daerah lain," tutur Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, dikutip dari Antara, Rabu (7/6/2023).

Adapun pada tahun 2022, kabupaten ini dikunjungi oleh 107.225 wisatawan nusantara.

Berikut beberapa tempat wisata alam di Banggai Kepulauan yang bisa dikunjungi:

Danau Paisu Pok kerap dijuluki danau berair sebening kaca, namun bisa juga kebiruan. Lokasinya cukup terpencil di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara.

Di danau ini, wisatawan bisa snorkeling, menyelam, naik perahu, dan duduk di bebatuan di tepi danau sembari menikmati suasana. 

Mereka juga bisa menikmati hidangan khas setempat yakni ubi banggai, sinole, dan ikan bakar.

Danau Paisu Pok berjarak kira-kira 51 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam.

Terletak di Kecamatan Bulagi Utara, Pantai Poganda menawarkan hamparan pasir putih dan pemandangan jejeran pohon kelapa.

Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Banggai Kepulauan, ombak di Pantai Poganda cukup tenang sehingga aman dikunjungi wisatawan keluarga.

Wisatawan bisa berfoto-foto di sejumlah spot Instagramable yang telah tersedia dan menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) di pantai ini.

Adapun jarak dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan ke Pantai Poganda sekitar 61 km dengan waktu tempuh hampir dua jam.

Danau Alani dan Danau Lemelu berada di Kecamatan Bulagi Selatan. Keduanya berada di kawasan pegunungan. 

Salah satu aktivitas utama di tempat wisata ini adalah melihat ritme kehidupan masyarakat suku seasea.

Tidak hanya itu, di Danau Alani, wisatawan bisa berenang dan memancing, sedangkan di Danau Lemelu wisatawan bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dan mengunjungi air terjun mini.

4. Pantai Ponpon

Pantai Ponpon dikenal juga sebagai Pantai Pompon. Letaknya di Desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Utara, yang berjarak sekitar 90 km dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan. Tempat wisata ini bisa dicapai dengan durasi perjalanan 2,5 jam.

Pantai ini memiliki daya tarik dari segi alam bawah lautnya. Wisatawan bisa naik perahu dan bersepeda air.

5. Pantai Pololoba

Bone Pololoba atau Pantai Pololoba berjarak sekitar 127 km dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan, dengan waktu tempuh 3,5 jam. Lokasinya di Desa Lopito, Kecamatan Totikum.

Pantai ini memiliki dua spot yang berbeda pasir putihnya. Hamparan bebatuan yang ada juga menambah daya tarik tempat wisata ini.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/07/080136427/5-wisata-di-banggai-kepulauan-yang-populer-ada-danau-sebening-kaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke