Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Belanja di PRJ 2023, Bawa Uang Tunai Pecahan Kecil

KOMPAS.com - Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023 atau Jakarta Fair 2023 tengah berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga Minggu (16/7/2023).

Di perhelatan selama sebulan lebih ini, pengunjung bisa membeli beragam barang, mulai dari helm, alat-alat elektronik, makanan, minuman, tas, bumbu masakan, hingga kosmetik.

  • Itinerary Seharian di PRJ, Bisa Apa Saja?
  • Cara ke PRJ naik KRL dari Arah Tangerang, Transit di Stasiun Duri

Bila ingin berbelanja saat PRJ 2023, kamu bisa simak sejumlah tips berikut ini:

Untuk bertransaksi di PRJ 2023, pengunjung bisa menggunakan uang tunai atau non-tunai (cashless), salah satunya melalui transfer bank. 

Jika memutuskan untuk membayar dengan uang tunai, kamu dianjurkan membayar dengan uang pas. Berdasarkan pengamatan Kompas.com di lokasi, Minggu (25/6/2023), ada beberapa tenant yang menerima pembayaran dengan uang tunai tapi harus dalam jumlah pas.

Adapun rata-rata harga makanan atau minuman di PRJ 2023, misalnya, mulai dari Rp 10.000. Dengan demikian, bawalah uang tunai dalam pecahan kecil, contohnya Rp 5.000 atau Rp 10.000, agar lebih menghemat waktu dan memudahkanmu.

Beberapa tenant di PRJ 2023 menawarkan promo dalam periode tertentu atau flash sale. Jika tertarik membeli barang-barang tertentu dengan harga khusus, kamu bisa datang saat periode tersebut.

Salah satunya adalah tenant kosmetik Barenbliss di Hall B2 yang menawarkan flash sale pada akhir pekan dengan diskon hingga 50 persen.

Kemudian, dilansir dari Warta Kota, Senin (26/6/2023), ada juga flash sale dari iBox mulai dari Rp 59.000.

Jika tiket PRJ 2023 sudah di tangan, kamu bisa mengambil selebaran yang berisi potongan-potongan vocher untuk ditukarkan di tenant-tenant tertentu. 

Dari pengamatan Kompas.com di Pintu 9 (Gate 9), Minggu (25/6/2023), umumnya selebaran ini akan dibagikan oleh petugas setelah pengunjung memindai kode QR atau kode batang di pintu masuk. Satu tiket berlaku untuk satu selebaran.

Kamu bisa memanfaatkan vocher-vocher yang ada untuk mendapat makanan dan minuman secara gratis, misalnya sosis Kanzler dan Kopi Gadjah, dengan cara menunjukkan vocher tersebut ke petugas.

PRJ 2023 terdiri dari area outdoor (luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan). Area outdoor terletak di tengah, dikelilingi oleh area indoor, seperti Hall A, Hall B, Hall C, dan Hall D. 

Setiap hall diisi oleh tenant yang beragam, antara lain perlengkapan memasak, otomotif, kasur, dan kosmetik. 

Namun, jika kamu masih kuat berjalan, kunjungilah bagian Gedung Niaga yang dekat dengan Pintu 9. Di gedung tersebut, terdapat beragam tenant yang menjajakan kopi, kosmetik, sepatu olahraga, pakaian, tas, dan boneka. 

Beberapa tenant yang ada di gedung tersebut, di antaranya Make Over, Matahari, Wardah, Revlon, Maybelline, dan League.

Jika kamu memang benar-benar mengincar barang dengan harga terjangkau, sebaiknya cari tahu harga barang tersebut terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tahunya di toko resmi atau di e-commerce. 

Dengan demikian, saat di lokasi, kamu bisa membandingkan harga atau memperkirakan selisih harga barang tersebut agar sesuai dengan bujetmu.

Selain mencari tahu harga, kamu juga bisa mencari tahu jenis barang yang ingin kamu beli.

Misalnya kamu mengincar cushion salah satu merek kosmetik, kamu bisa mencari tahu shade yang cocok bagi kulitmu sebelum membelinya di PRJ 2023. Jika bingung, kamu pun bisa bertanya ke petugas.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/26/132906827/5-tips-belanja-di-prj-2023-bawa-uang-tunai-pecahan-kecil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke