Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Rimba Baca, Perpustakaan di Jaksel yang Cocok buat Keluarga

KOMPAS.com - Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan saat ingin berwisata keluarga, salah satunya mampir ke perpustakaan anak yaitu Rimba Baca.

Perpustakaan yang berdiri sejak 2011 ini dikatakan oleh sang pemilik, Fitriyana, sebagai tempat untuk anak-anak agar betah dan nyaman membaca. 

"Kami percaya anak-anak akan tertarik membaca jika mereka berada di tempat yang nyaman, ditambah adanya buku menarik yang sesuai umur dengan topik kesukaan mereka," ujar Fitriyana saat ditemui Kompas.com, Minggu (2/7/2023). 

  • Asyiknya Berkunjung ke Rimba Baca di Jakarta Selatan, Bisa Buat Anak dan Dewasa
  • Cara ke Perpustakaan Rimba Baca Naik KRL, MRT, dan Transjakarta

Tak heran bila perpustakaan satu ini nyaris tak pernah sepi oleh pengunjung, terutama anak-anak.

Meski demikian, tak hanya anak, pendampingnya atau orang dewasa juga bisa menikmati kunjungan ke Rimba Baca. 

Panduan lengkap ke Rimba Baca

Tertarik berkunjung ke Rimba Baca di Jakarta Selatan, simak panduan lengkapnya yang sudah Kompas.com himpun berikut ini. 

Lokasi dan jam buka

Rimba Baca berlokasi di Jalan Intan RSPP Utara Nomor 21B di Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Meski berada di antara perumahan, lokasi Rimba Baca cukup strategis. Tempatnya bisa dijangkau naik kendaraan umum seperti Transjakarta atau MRT. 

Perpustakaan ini buka setiap hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Rimba Baca tutup saat hari libur nasional atau tanggal merah.

Meski lebih ditujukan untuk anak, para pendamping atau orang dewasa bisa ikut menemani dan membaca kolekksi buku dewasa di lantai dua. 

"Kalau ditotal dua lantai kami ada sekitar 7.000 koleksi buku. Untuk anak-anak di lantai 1 dan orang dewasa atau pendampingnya bisa ke lantai 2," kata Fitriyana. 

Di lantai satu, terdapat buku cerita bergambar dan buku novel yang ditujukan untuk usia 0-12 tahun, sedangkan di lantai dua ada koleksi dewasa seperti buku-buku parenting, novel, non-fiksi, komik, hobi, dan agama. 

Tidak hanya memiliki ribuan koleksi buku dan tempat baca yang nyaman. Rimba Baca dilengkapi fasilitas lain seperti kamar mandi, taman, balkon, ruang shalat, ruang menyusui, pojok jajanan, dan ruang seni. 

Selain membaca sekitar 7.000 koleksi buku anak dan dewasa, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung anak maupun dewasa di Rimba Baca. berikut informasinya:

1. Ikut program

Saat akhir pekan atau momen liburan, Rimba Baca seringkali mengadakan agenda kegiatan edukatif. 

Beberapa di antaranya seperti kelas memasak, yoga untuk anak-anak, kesenian dan kerajinan tangan, mendongeng, hingga pertunjukan boneka.

Rimba Baca berupaya menggelar kegiatan edukasi ini setiap setidaknya dua kali dalam sebulan. Diadakan pada hari Sabtu atau Minggu, satu sesi kelas biasanya berkapasitas hingga 20 anak. 

2. Bermain mainan edukatif

Anak-anak yang membaca biasanya memiliki rentang waktu tertentu sehingga bisa lebih mudah merasa bosan.

Oleh karena itu, anak-anak juga bisa berkreasi, bermain di taman dengan ayunan, serta memainkan beberapa mainan edukasi.

3. Pakai kostum dan bermain boneka 

Hal unik lain yang berbeda dari perpustakaan kebanyakan dan bisa dilakukan pengunjung anak-anak adalah memakai kostum.

Mereka bisa mengenakan kostum dan bermain boneka sambil membaca. 

Ada setidaknya 20 kostum, mulai dari pakaian putri, pemadam kebakaran, pilot, baju daerah, gaun, baju polisi, hingga hewan-hewan, seperti harimau dan kucing.

Cara jadi anggota

Untuk datang dan membaca buku di Rimba Baca, pengunjung dikenakan tarif tertentu.

Sebab, perpustakaan ini merupakan milik pribadi yang operasionalnya juga dari perseorangan.

Bagi yang tidak ingin menjadi anggota akan dikenakan biaya satu kali kunjungan mulai Rp 45.000 per anak, tanpa batas waktu.

Adapun pendamping atau orang dewasanya dikenakan biaya mulai Rp 15.000, namun tidak bisa meminjam buku untuk dibawa pulang.

Bagi yang ingin meminjam buku, bisa mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan Rimba Baca yang berlaku selama satu tahun. 

Berikut informasi sistem keanggotaan di Rimba Baca:

  • Keanggotaan satu tahun mulai Rp 400.000 untuk satu keluarga dengan maksimal dua anak. Dapat meminjam hingga lima buku dalam waktu seminggu.
  • Keanggotaan satu tahun mulai Rp 425.000 untuk satu keluarga dengan lebih dari dua anak. Dapat meminjam hingga tujuh buku dalam waktu seminggu.

Registrasi bisa dilakukan langsung di tempat, menggunakan uang tunai atau non-tunai. Pengunjung juga bisa langsung datang tanpa registrasi online sebelumnya.

Berikut beberapa tips, aturan, dan imbauan yang bisa diperhatikan oleh pengunjung saat ke Rimba Baca. 

1. Setiap anak yang datang ke Rimba Baca merupakan tanggung jawab orangtua atau wali masing-masing. Para orangtua diminta tetap bisa mengawasi dan memperhatikan anak mereka, terutama yang masih sangat kecil.

2. Pengunjung diizinkan makan dan minum, tetapi bukan di area perpustakaan. Ada beberapa tempat, seperti taman, teras, dan ruang lain yang bisa untuk makan dan minum. Membawa makanan dari rumah atau beli camilan di tempat diperbolehkan. 

3. Para pengunjung diharapkan dapat menjaga buku dengan sebaik mungkin. Sebab, layaknya perpustakaan kebanyakan, ada denda tertentu jika buku hilang atau rusak.

4. Pengunjung bisa datang kapan saja sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Sebab, waktu ramai dan sepi Rimba Baca sering tidak bisa diprediksi. Namun, umumnya akan lebih sepi saat hari kerja (weekday).

https://travel.kompas.com/read/2023/07/05/190700227/panduan-lengkap-ke-rimba-baca-perpustakaan-di-jaksel-yang-cocok-buat-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke