Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Dekat Museum Sasmitaloka, Ada Jalan Surabaya

KOMPAS.com - Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi atau Museum Sasmita Loka Ahmad Yani berada di Jalan Lembang Nomor 67, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Museum ini menyimpan peninggalan salah satu Pahlawan Revolusi, Jenderal Ahmad Yani, yang ditembak dan dibawa ke Lubang Buaya pada tahun 1965.

  • Cara ke Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi Naik KRL dan Transjakarta
  • Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi: Jam Buka dan Harga Tiket

Pengunjung bisa melihat pakaian, furnitur, dan foto-foto Jenderal Ahmad Yani beserta keluarganya.

Setelah menjelajahi museum tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke sejumlah tempat wisata lainnya. Simak selengkapnya:

Salah satu keunikan Masjid Agung Sunda Kelapa adalah bangunannya yang tidak memiliki kubah, serta bentuknya mirip kapal. 

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/4/2023), inisiatif pembangunan masjid ini sudah ada sejak tahun 1951, namun mengalami sejumlah kendala. Barulah pada tahun 1968 peletakkan batu pertama untuk masjid ini dilakukan. 

Pengunjung bisa berwisata kuliner di sekitar area masjid atau berwisata religi dengan didampingi pengurus masjid. Namun, mereka yang ingin berkeliling diimbau mengirim surat terlebih dahulu.

Masjid Agung Sunda Kelapa beralamat di Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya dari Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi sekitar 650 meter atau hampir 10 menit berjalan kaki.

Taman Suropati berjarak sekitar 850 meter dari Museum Sasmitaloka. Wisatawan bisa berjalan kaki sekitar 12 menit agar bisa sampai di taman ini.

Beralamat di Jalan Taman Suropati Nomor 5, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, taman ini seolah menjadi oase di tengah permukiman dan hiruk pikuk lalu lintas Ibu Kota. 

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati suasana, tapi juga bisa berpiknik, memberi makan burung merpati, berolahraga, dan membaca buku. 

Di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, wisatawan bisa mengetahui proses perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui aneka patung dan keterangan yang ada. 

Bangunan museum dulunya adalah rumah Laksamana Tadashi Maeda yang memang digunakan sebagai lokasi perumusan teks proklamasi pada tahun 1945 lalu.

Museum ini beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya dari Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi sekitar satu kilometer dengan durasi berjalan kaki hampir 20 menit.

Selain Taman Suropati, Taman Situ Lembang juga bisa dijadikan lokasi melepas penat. Alamatnya di Jalan Lembang Terusan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Di tengah-tengah taman ini terdapat kolam air mancur, serta dikelilingi jalan setapak, pepohonan, dan sejumlah bangku untuk beristirahat. Ada juga area bermain untuk anak-anak yang bisa dimanfaatkan.

Jarak dari Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi ke taman ini sekitar 1,2 kilometer. Wisatawan bisa berjalan kaki selama hampir 20 menit.

Pencinta barang-barang antik mungkin sudah tidak asing dengan Jalan Surabaya. Di jalan ini, berjejer toko-toko yang menjajakan aneka barang antik, mulai dari pajangan hingga kaset lawas.

Wisatawan yang ingin berburu barang antik diimbau untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis barang yang akan dicari, khususnya detail barang tersebut. 

Jalan Surabaya berjarak sekitar 1,2 kilometer dari Museum Sasmitaloka Pahlawan Revolusi. Wisatawan bisa mencapainya dengan berjalan kaki hampir 20 menit.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/14/225000627/5-tempat-wisata-dekat-museum-sasmitaloka-ada-jalan-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke