Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Batik Air Terbang dari Surabaya ke Berau PP mulai Hari Ini

SURABAYA, KOMPAS.COM - Batik Air, maskapai penerbangan yang berada di bawah naungan Lion Air Group, membuka rute dari Surabaya, Jawa Timur, ke Berau, Kalimantan Timur, per Rabu (6/9/2023).

Sebelumnya, rute Jakarta-Berau pernah dibuka setahun sebelum pandemi Covid-19, namun ditutup saat pandemi melanda. Saat ini rute tersebut ditambah dari Surabaya, jadi bukan hanya dari Jakarta.

  • 4 Transportasi ke Bandara Juanda dari Surabaya 
  • Batik Air Buka Penerbangan dari Jakarta dan Surabaya menuju Berau Mulai September 2023

"Dari Surabaya ke Berau waktu tempuhnya 1 jam 45 menit. Sementara dari Jakarta waktu tempuhnya sekitar 2 jam," kata Operation Manager Batik Air, Agus Wicaksono usai seremonial pembukaan rute baru di Terminal I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Rabu (6/9/2023).

Dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo dan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, Batik Air akan terbang membawa penumpang ke Berau pulang-pergi (PP) sebanyak tujuh kali dalam sepekan, dengan pesawat tipe Airbus 320-200.

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang, penerbangan ke Berau setiap harinya dijadwalkan pukul 03.40 WIB, sedangkan rute sebaliknya dijadwalkan pukul 13.20 Wita.

Sementara itu, dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, jadwal penerbangan ke Berau setiap harinya pukul 09.40 WIB, dan jadwal penerbangan rute sebaliknya pukul 07.55 Wita.

Menurut Agus, dibukanya rute ke Berau lantaran selama ini potensi penumpangnya cukup tinggi.

"Pada penerbangan pertama hari ini saja dari Surabaya okupansinya lebih dari 90 persen. Ini belum akhir pekan," tuturnya.

Selain potensial, alasan utama pihaknya membuka rute penerbangan ke Berau juga karena saat ini banyak obyek wisata yang sedang viral di Berau.

"Yang pertama karena banyak destinasi wisata yang lagi viral di Berau. Selain itu juga untuk antisipasi aktifitas ekonomi di IKN Nusantara di Kaltim," jelasnya.

Adapun sejumlah tempat wisata unggulan di Berau, antara lain Kepulauan Derawan, Labuan Cermin, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Air terjun Pahlawan, dan wisata air panas Biatan.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/06/201200827/batik-air-terbang-dari-surabaya-ke-berau-pp-mulai-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke