Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap Wisata ke Taman Spathodea di Jagakarsa

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mencari tempat melepas penat gratis di kawasan Jakarta Selatan, kamu bisa coba kunjungi Taman Spathodea.

Berada di daerah Jagakarsa, taman dengan luas 2,3 hektar ini ramai dikunjungi masyarakat berbagai usia.

  • Taman Spathodea di Jakarta Selatan: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas
  • Cara Menuju Taman Spathodea di Jakarta Selatan, Naik Angkutan Umum

“Banyak yang olahraga ya, ada juga yang duduk-duduk santai. Anak-anak bermain, ada yang piknik,” kata Pamdal Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan bernama Juan kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (10/9/2023).

Juan menyampaikan, taman yang berlokasi di pinggir jalan tersebut ramai dikunjungi masyarakat, terutama saat akhir pekan dan libur nasional. Sebab, aksesnya mudah dan terhubung dengan rumah warga. 

Tak hanya itu, hampir semua area Taman Spathodea memiliki lokasi yang sejuk karena dipenuhi pepohonan rindang. 

Secara umum, kebersihan di Taman Spathodea juga terjaga dan fasilitasnya cukup baik. Sehingga siapapun akan betah berlama-lama.

Panduan lengkap ke Taman Spathodea

Jika tertarik berkunjung, simak informasi selengkapnya yang sudah Kompas.com rangkum berikut ini. 

Lokasi dan jam buka 

Taman Spathodea beralamat di Gg. Kriep Nomor 13, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa menggunakan berbagai kendaraan baik pribadi maupun transportasi umum.

Pengunjung dapat menaiki angkot M17 (Pasar Minggu-Lenteng Agung) atau JakLingko yaitu JAK.46 (Pasar Minggu-Jagakarsa) untuk tiba di depan Taman Spathodea.

Bagi yang menaiki KRL Commuter Line, stasiun terdekat adalah Stasiun Lenteng Agung. Jaraknya dari taman adalah sekitar 5,2 kilometer (km).

Adapun Halte TransJakarta terdekat adalah Halte Ragunan. Dari Stasiun Lenteng Agung ataupun Halte Ragunan bisa lanjut naik ojek daring atau angkutan umum. 

Taman Spathodea buka setiap hari Senin hingga Minggu, pukul 07.00 WIB-17.00 WIB. Sekitar pukul 17.00 WIB, petugas keamanan akan mulai memperingati pengunjung untuk keluar taman.

Tidak hanya luas, fasilitas umum yang tersedia di Taman Spathodea cukup lengkap dan layak digunakan. Di area depan, terdapat aneka jajanan dan lahan parkir yang cukup luas. 

Taman ini juga memiliki lintasan lari yang terawat, kolam ikan, pepohonan rindang, tempat bermain untuk anak, serta sejumlah tempat duduk yang nyaman.

Tersedia juga toilet umum dengan air bersih, tempat sampah, spot foto, dan rak buku dari perpustakaan mini Bookhive.

Perpustakaan mini ini menyediakan berbagai macam buku, mulai dari komik, ensiklopedia, hingga majalah. Buku-buku tersebut gratis dibaca, asalnya dijaga dan dikembalikan pada tempatnya. 

Aktivitas di Taman Spathodea

Taman Spathodea memiliki area yang luas dan fasilitas yang cukup lengkap. Oleh karena itu, pengunjung bisa melakukan cukup banyak aktivitas. 

Pertama, berolahraga. Taman ini memiliki jalur lari (jogging track) yang rapi, teratur, dan konturnya juga naik-turun. Selain berlari atau jalan cepat, cukup banyak pengunjung yang melakukan jenis olahraga lain, seperti bulu tangkis atau bersepeda. 

Selanjutnya, duduk santai atau nongkrong. Banyak pengunjung datang untuk duduk-duduk santai, menikmati semilir angin sore yang sejuk sambil mengunyah jajanan. Taman Spathodea juga menyediakan aneka ragam tempat duduk atau spot bersantai.

Ketiga, membaca aneka buku. Di bagian tengah taman, terdapat lemari perpustakaan mini, sumbangan dari Bookhive, rak buku publik. Buku ini berisi bermacam genre, antara lain komik, majalah, novel, dan buku anak.

Lalu, kegiatan yang bisa dilakukan di taman ini adalah piknik bersama keluarga, teman, atau pasangan. Taman Spathodea memiliki banyak area rerumputan yang cocok untuk menjadi tempat piknik.

Berikutnya, memberi makan ikan dengan pakan seharga mulai Rp 5.000. Terdapat dua danau berisi ikan yang ada di Taman Spathodea, di bagian depan dan belakang. Kamu bisa melepas penat  sambil memberi makan ikan di pinggir danau. 

Lalu, foto-foto karena Taman Spathodea memiliki beberapa spot foto menarik. Meski tidak semuanya estetis, ada beberapa tempat yang sering dijadikan tempat membuat konten atau berfoto. 

Terakhir, kamu juga bisa mengajak anak kecil bermain. Sebab, Taman Spathodea menyediakan beberapa peralatan bermain seperti ayunan, palang besi, dan lain-lain, yang tersebar di beberapa lokasi.  

Berikut beberapa tips kunjungan yang bisa diperhatikan agar kedatanganmu semakin nyaman.

1. Datang selain Sabtu dan Minggu, jika ingin situasi taman agak sepi. Sebab waktu paling ramai Taman Spathodea dikunjungi adalah hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

2. Tidak membawa kendaraan roda empat. Jika datang saat akhir pekan atau hari libur nasional, pengunjung disarankan tidak membawa kendaraan roda empat karena area parkir biasanya akan sangat penuh.

3. Bawa uang tunai. Jika ingin santai di taman sambil menikmati aneka makanan dan minuman, jangan lupa bawa uang tunai untuk jajan kuliner di depan taman. Sebab, para penjual belum menyediakan pembayaran QRIS atau non-tunai lainnya.

4. Awasi anak-anak. Mengingat luasnya taman, keramaian di lokasi, dan adanya danau terbuka, orangtua atau wali diharapkan dapat selalu mengawasi anak-anak mereka. Terutama saat bermain di pinggir danau.

5. Tidak buang sampah sembarangan. Pengunjung diimbau menjaga kebersihan dan mematuhi aturan yang berlaku di Taman Spathodea, seperti tidak merokok dan wajib membuang sampah ke tempatnya. 

6. Bagi pengunjung umum, bisa langsung masuk ke area Taman Spathodea tanpa syarat dan izin apa pun. Namun untuk rombongan seperti dari sekolah atau lembaga, bisa membawa surat izin dari lembaga masing-masing. 

Spot foto di Taman Spathodea

Ada beberapa area yang cocok dijadikan spot foto atau membuat konten. Apalagi, pepohonan dan rumput di Taman Spathodea masih rimbun serta asri sehingga tampak indah. 

Beberapa rekomendasi spot fotonya antara lain di tengah jembatan putih, di pinggir danau, di jalan setapak, di rerumputan untuk pose berkonsep piknik, dan di kursi lingkaran di bagian belakang taman. 

https://travel.kompas.com/read/2023/09/13/071200927/panduan-lengkap-wisata-ke-taman-spathodea-di-jagakarsa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke