Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaki Asing Tersesat di Gunung Merapi, padahal Jalur Pendakian Masih Tutup

KOMPAS.com – Seorang perempuan pendaki warga negara asing (WNA) berkewarganegaraan Spanyol bernama Jacinto Cornejo Denise del Carmen, tersesat di jalur pendakian Gunung Merapi pada Kamis (14/9/2023).

Menurut Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubag TU) Balai TN Gunung Merapi, Ahmadi kepada Kompas.com, Jumat (15/9/2023), kabar itu benar dan sudah disampaikan di postingan akun Instagram resmi TN Gunung Merapi @btn_gn_merapi pada Kamis (14/9/2023).

Pendaki ilegal itu mendaki seorang diri pada Rabu (13/9/2023) sampai puncak Merapi melalui jalur Selo, Boyolali dan akhirnya tersesat sampai jalur Sapuangin, Kabupaten Klaten.

Ia kemudian ditemukan pada Kamis (14/9/2023) dan tiba di New Selo, Boyolali sekitar pukul 12.30 WIB.

Penutupan sudah berlangsung lama sekitar lima tahun sejak 2018, disebabkan aktivitas Merapi yang meningkat.

Saat ini, status Gunung Merapi masih ada di level III atau siaga, sehingga masih ditutup untuk pendakian.

Pendaki itu lalu dimintai keterangan dan diambil datanya, serta dilakukan pembinaan dan pengarahan tentang status gunung merapi yang masih ditutup jalur pendakiannya. 

Ia juga diminta agar menghapus semua dokumentasi selama di Gunung Merapi dan menandatangani surat pernyataan publik bahwa dirinya menyesal dan paham telah melanggar aturan pendakian.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/15/140200127/pendaki-asing-tersesat-di-gunung-merapi-padahal-jalur-pendakian-masih-tutup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke