Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Jakarta Architecture Festival 2023, Cuma Sampai 30 September

KOMPAS.com - Jakarta Architecture Festival 2023 merupakan pameran seni yang memamerkan beragam desain bangunan bertema "Jakarta in Transition".

Tema tersebut diangkat karena pameran ini menampilkan beragam desain yang menunjukkan Jakarta ketika kelak sudah tidak menjadi Ibu Kota.

Sebanyak 40 arsitek, 10 fotografer, komunitas bambu, dan seniman pembuat sketsa bangunan dilibatkan dalam pameran ini.

"Pameran ini sebagai penggambaran masa transisi, ketika Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara," kata Kurator Jakarta Architecture Festival 2023, Cosmas d. Gozali kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Jika tertarik datang berkunjung, simak panduan lengkap ke Jakarta Architecture Festival 2023 berikut.

Panduan lengkap ke Jakarta Architecture Festival 2023

Lokasi Jakarta Architecture Festival 2023

Pameran Jakarta Architecture Festival 2023 berlokasi di lantai 77 Autograph Tower, Thamrin Nine Tower. Tepatnya di Jalan M.H. Thamrin Nomor 10, Jakarta Pusat.

Lokasi pameran cukup mudah ditemui, di gerbang masuk kawasan Thamrin Nine Tower akan ada petugas keamanan yang akan membantu mengarahkan pengunjung ke lokasi registrasi pameran.

Jam buka Jakarta Architecture Festival 2023

Pameran Jakarta Architecture Festival 2023 hanya dapat dikunjungi hingga hari Sabtu (30/9/2023).

Jika datang saat hari biasa, pameran ini bisa dikunjungi mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sementara saat akhir pekan buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 

Harga tiket masuk Jakarta Architecture Festival 2023

Pengunjung yang datang ke Jakarta Architecture Festival 2023 tidak dikenakan biaya apa pun, alias gratis. 

"Pameran ini gratis untuk umum, karena saya ingin banyak orang bisa mendapatkan pengetahuan ini. Orang akan terinspirasi melalui pameran ini, maka kita membuka seluas-luasnya buat masyarakat," pungkas Cosmas.

Salah satu aktivitas wajib yang dilakukan ketika berkunjung ke Jakarta Architecture Festival 2023 yakni foto-foto.

Tata letak dan pemilihan warna pameran tampak estetis. Ini bisa dilihat dari susunan foto orang pinggiraan, potongan puisi di bagian dinding, dinding penuh sketsa bangunan di Jakarta.

Perlu diingat, pengunjung tidak boleh menyentuh pajangan, maka dari itu berhati-hatilah jika hendak mendokumentasikan momen di lokasi. Jangan sampai pajangan tersenggol apalagi rusak.

2. Lihat koleksi pameran

Ketika sampai di ruang pameran, pengunjung bisa melihat potrait orang pinggiran yang ditampilkan melalui foto, audio visual, serta konstruksi bangunan tiga dimensi.

Di sini pengunjung juga bisa belajar mengenai pentingnya bangunan yang mengusung konsep ruang terbuka hijau dan ruang publik demi keberlangsungan hidup masyarakat Jakarta.

Jika beruntung, kita juga bisa mengobrol bersama kurator seni dan bertanya lebih lanjut mengenai desain bangunan yang dipajang di pameran.

3. Lihat pemandangan kota dari ketinggian

Pameran Jakarta Architecture Festival 2023 digelar di lantai 77 Autograph Tower, Thamrin Nine Tower, Jakarta Pusat.

Sebagai informasi Autograph Tower, Thamrin Nine Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia. Dikutip dari laman Kompas.com (7/8/2023), tinggi gedung ini mencapai 382,9 meter.

Maka dari itu, jika berkunjung ke pameran, kamu berkesempatan melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian.

4. Menulis catatan harapan

Di pameran ini terdapat sebuah pohon yang disediakan untuk tempat menggantungkan catatan kecil di sebuah kertas yang ditulis oleh pengunjung. 

Pengunjung bisa bergantian menulis harapan dengan sesama pengunjung, kemudian menggantungkan kertas yang ditulis menggunakan tali.

5. Ikut talkshow

Jakarta Architecture Festival 2023 juga mengadakan gelar wicara di area pameran yang bisa diikuti gratis oleh pengunjung.

Pembahasan pada kegiatan ini menyoroti bagaimana transisi bangunan di Jakarta dari waktu ke waktu. Jadwal kegiatan saat pameran selengkapnya bisa dilihat di Instagram resmi @jakartaarchitecturefestival.


Cara berkunjung ke Jakarta Architecture Festival 2023 

Setibanya di gerbang masuk Thamrin Nine Tower, kamu bisa minta bantuan kepada petugas keamanan di lokasi untuk diarahkan ke lokasi pameran. 

Sebelum naik ke lantai 77 Autograph Tower, setiap pengunjung wajib melakukan registrasi berupa pengisian data diri melalui barcode yang disediakan di meja petugas.

Setelah berhasil registrasi, petugas akan memberikan akses untuk pengunjung masuk ke area gedung, dan nantinya akan diarahkan ke lift menuju lantai 77. Sampai di lantai 77, kamu bisa belok kanan dari pintu keluar lift untuk menuju pintu masuk pameran. 

Perlu diingat, meskipun sebagian besar desain bangunan yang dipamerkan dipajang secara tertutup, tapi ada beberapa desain yang dipajang secara terbuka. Maka dari itu pengunjung perlu berhati-hati supaya pajangan tidak tersenggol, apalagi rusak.

Di samping pajangan juga diberi tanda peringatan agar pengunjung tidak menyentuh semua pajangan. 

Sebaiknya datang lebih awal mulai pameran dibuka. Jika datang mendekati sore dan malam hari, kemungkinan besar antrian pengunjung akan ramai.

Tips berkunjung ke Jakarta Architecture Festival 2023

1. Datang lebih awal

Saat hari biasa, pameran buka mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan saat akhir pekan, pameran buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Jika ingin melihat pameran dengan suasana yang tidak terlalu ramai, Kompas.com menyarankan pengunjung datang saat hari biasa dan datang lebih awal setelah pameran dibuka.

Pengunjung yang datang lebih awal punya waktu lebih banyak untuk melihat pameran dan berfoto di lokasi.  

2. Pakai pakaian yang sesuai

Memakai pakaian berwarna monokrom bisa jadi pilihan yang tepat saat berkunjung, terutama jika kamu berencana datang sambil berfoto.

Kompas.com juga menyarankan untuk tidak mengenakan pakai dengan warna mencolok seperti motif bunga-bunga, karena akan kontras dengan pajangan di pameran.

3. Minta bantuan petugas 

Sekilas, pameran di lokasi tampak seperti pameran pada umumnya yang memamerkan rancangan bangunan. Padahal jika dilihat lebih dekat, banyak cerita penuh makna di balik hadirnya pameran. 

Jika pengunjung merasa bingung, jangan ragu minta bantuan dan bertanya kepada petugas di lokasi. Misalnya, jika ingin mengetahui lebih jauh makna di balik setiap karya.

4. Lihat pameran sesuai alur cerita 

Disarankan untuk melihat isi pameran sesuai alur yang telah disusun. 

Pengunjung bisa mulai dari melihat realita kehidupan orang pinggiran, melihat konstruksi bangunan rumah orang di tepi sungai, barulah sampai ke desain bangunan yang dirancang untuk masa depan.

5. Ajak teman

Supaya lebih seru, ajaklah teman, keluarga, ataupun pasangan ketika berkunjung ke pameran. 

Selain bisa berdiskusi mengenai pajangan di pameran, kamu juga bisa meminta bantuan teman untuk memotret di lokasi.


Cara ke Jakarta Architecture Festival 2023 naik transportasi umum 

Transportasi umum terdekat dari lokasi Jakarta Architecture Festival 2023 yang bisa diakses yakni Moda Raya Terpadu (MRT) dan KRL Commuter Line. Berikut opsinya:

  • Naik KRL

Stasiun KRL yang paling dekat dari lokasi Jakarta Architecture Festival 2023 yaitu Stasiun Sudirman. 

Keluar dari Stasiun Sudirman, kamu bisa jalan kali ke arah pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas BNI. Jika sudah bertemu pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas, jalan lurus menyusuri Jalan Tanjung Karang hingga sampai di pertigaan Jalan Kota Bumi.

Lokasi Jakarta Architecture Festival 2023, yakni Thamrin Nine Tower, berada tepat di pertigaan jalan. 

Selengkapnya tentang rute dapat dibaca pada tautan ini.

  • Naik MRT 

Stasiun MRT terdekat dari lokasi Jakarta Architecture Festival 2023 yaitu Stasiun MRT Dukuh Atas BNI.

Setelah keluar dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, jalan lurus menyusuri Jalan Tanjung Karang hingga sampai di pertigaan Jalan Kota Bumi.

Lokasi Jakarta Architecture Festival 2023, yakni Thamrin Nine Tower, berada tepat di pertigaan jalan.

  • Naik Transjakarta

Jika naik Transjakarta, pemberhentian terdekatnya adalah Halte Tosari. Dari sana, kamu bisa menyeberang ke arah Grand Indonesia, lalu berjalan kaki ke arah kiri sekitar 350 menit atau 5 menit.


Spot foto di Jakarta Architecture Festival 2023

1. Di depan sketsa 

Berpose menghadap ke pajangan sketsa di bagian dinding pameran bisa jadi ide spot foto yang bagus dan memberi hasil seperti siluet. Terutama jika kamu memakai pakaian gelap.

Jika hendak mendapat jepretan terbaik, sabaiknya aturlah kamera ponsel dengan mode low light, sehingga akan memunculkan kesan lebih gelap, khususnya di bagian badan.

2. Di depan bait puisi

Di bagian dinding pameran yang berupa semen, terdapat bait puisi karya Mario Wibisono yang dipajang dengan tulisan berwarna hitam.

Kompas.com menyarankan pengunjung memakai pakaian berwarna putih polos ataupun hitam polos untuk hasil terbaik di spot ini.

3. Di depan bingkai foto

Di sebelah pajangan sketsa bangunan, tedapat sketsa banguna yang sudah diwarnai dan dibingkai menggunakan bingkai kayu.

Pengunjung bisa berforo di sini seolah sedang mengamati sketsa dengan seksama. Menurut pantauan Kompas.com di lokasi, Minggu (24/9/2023), spot ini cukup ramai digemari pengunjung. 

4. Di bawah pohon

Kamu bisa berpose seolah sedang menggantung catatan harapan di pohon yang ada di Jakarta Architecture Festival 2023.

Dikarenakan cukup banyak tulisan yang digantung di pohon, kamu bisa memotret menggunakan metode potrait supaya kamera hanya fokus kepada satu titik yang dituju.

5. Memandang sunset

Mendekati malam hari, pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbenam dari ketinggian. Di sini kamu bisa berfoto menghadap ke luar jendela dengan kamera berhadapan langsung dengan cahaya.

Sebaiknya gunakan metode low light untuk mendapatkan suasana senja yang cukup bagus menggunakan kamera ponsel.

https://travel.kompas.com/read/2023/09/25/151200627/panduan-lengkap-ke-jakarta-architecture-festival-2023-cuma-sampai-30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke