Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Naik Kano Mangrove Baros Yogyakarta, Wajib Reservasi 

KOMPAS.com - Kano Mangrove Baros merupakan salah satu wisata baru di Yogyakarta yang buka pada Agustus 2022. Meskipun baru, namun wisata kano ini viral di media sosial karena menawarkan kegiatan seru.

Ketua Pengelola Wisata Kano Mangrove Baros, Ari Saputro mengatakan, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit hingga satu jam, menggunakan kano.

“Wisata dengan konsep susur sungai naik kano seperti ini, ternyata satu-satunya di Yogyakarta, jadi banyak banget peminat dari luar kota yang mau naik kano di sini,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

  • Ada Wisata Kano Baru di Aliran Sungai Winongo Kecil Bantul
  • Desa Wukirsari di Bantul, Juara 1 ADWI 2023 Kategori Desa Wisata Maju

Selain menawarkan pengalaman seru, wisatawan bisa menjumpai panorama indah. Sepanjang perjalanan, lanjut Ari, wisatawan bisa menjumpai hutan mangrove, pohon cemara, tanaman herbal, pohon pandan, bangunan irigasi peninggalan Belanda, dan panorama matahari terbenam (sunset).

“Wisatawan juga bisa melihat hewan liar, karena kawasan ini adalah area konservasi, jadi hewan dan tumbuhan benar-benar dijaga,” jelasnya.

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros dibagi menjadi dua kategori, yakni paket Rp 25.000 dan Rp 50.000 per orang.

Untuk paket senilai Rp 25.000, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit. Sedangkan, paket senilai Rp 50.000 durasinya lebih panjang mencapai satu jam.

“Harga tersebut sudah termasuk pemandu, wajib ada pemandu kalau wisatawan tidak mau ada pemandu, terpaksa kami tolak karena faktor safety paling utama bagi kami,” tutur Ari.

Selain pemandu, wisatawan juga mendapatkan perlengkapan seperti kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan gratis air mineral dan mi instan bagi pembeli paket Rp 50.000.

Jika ingin berkunjung, lokasinya sekitar 300 meter dari Jembatan Kretek 2. Tepatnya di Kalurahan Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Tips naik Kano Mangrove Baros

Agar pengalaman naik kano di Sungai Baros makin seru, simak tips berikut ini.

Ari menyarankan wisatawan untuk memastikan fisik dalam kondisi prima saat naik kano. Sebab, selain kegiatan rekreasi, naik kano juga membutuhkan banyak energi untuk mendayung.

“Yang jelas, siapkan fisik prima sebelum main kano, makan dulu sebelum main kano,” kata Ari.

Namun, wisatawan tak perlu khawatir jika tidak bisa naik kano atau tidak bisa berenang. Sebab, ada pemandu yang akan menemani perjalanan wisatawan.

Selain itu, wisatawan akan diberikan perlengkapan keamanan, seperti helm, pelampung, dan sepatu.

“Jangan khawatir tidak bisa kano atau tidak bisa berenang, karena ada pemandu yang siap mendampingi, mengajari, dan mengawasi. Bahkan, kalau wisatawan tidak kuat, pemandu siap untuk menarik, untuk rescue (penyelamatan),” tuturnya.

  • Jembatan Kretek II Bantul Diresmikan, Bakal Dilengkapi Fasilitas Wisata
  •  Rute ke Monumen Gempa Yogya di Bantul, Searah ke Pantai Parangtritis

2. Reservasi jadwal 

Jika ingin menjajal keseruan naik kano, wisatawan wajib reservasi. Ari mengatakan, animo wisatawan sangat tinggi, semantara jumlah kano masih terbatas sepuluh unit saja.

Karenanya, Ari mengimbau wisatawan yang ingin menjajal Wisata Kano Mangrove Baros, wajib melakukan reservasi lewat nomor kontak yang tertera di akun Instagram, @kano.mangrove.

 “Untuk reservasi Sabtu- Minggu, kami sarankan H-5 atau H-5 sudah reservasi, karena biasanya H-4 saja sudah penuh untuk akhir pekan,” katanya.

Ternyata, menurut Ari waktu terbaik menjajal Wisata Kano Mangrove Baros adalah musim kemarau. Selain kondisi sungai yang lebih bersih, debit airnya pun lebih aman bagi wisatawan dengan kedalaman maksimal dua meter.

Sebaliknya, saat musim hujan air Sungai Baros cenderung lebih keruh. Sepanjang 2023 ini, periode musim kemarau yang menjadi waktu terbaik menjajal susur sungai naik kano, yakni pada Maret hingga Agustus.

“Jangan takut air surut meskipun musim kemaran, karena masih tetap ada airnya. Jadi, kami mengikuti pasang surut air laut,” terangnya.

4. Pilih pagi atau sore hari

Pada musim kemarau, waktu terbaik menjajal Wisata Kano Mangrove Baros yakni pada saat air laut pasang. Nah, untuk mengetahui jam terbaik setiap harinya, Ari menyarankan wisatawan reservasi lebih dulu.

“Wisatawan diwajibkan resevasi dulu, karena nanti akan disarankan oleh petugas untuk jam-jam terbaiknya. Jam terbaik untuk naik kano, ketika air laut pasang paling tinggi, nah itu setiap hari beda-beda waktunya,” jelas Ari.

Sementara, jika wisatawan ingin mencari suasana paling bagus, yakni pada pagi dan sore hari.

“Kalau pagi sejuk dan banyak burung berkicau, sedangkan kalau sore bisa melihat pemandangan sunset,” ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/11/26/143833227/4-tips-naik-kano-mangrove-baros-yogyakarta-wajib-reservasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke