Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Termahal di Dunia, Peringkat 1 dari Negara Tetangga Indonesia 

KOMPAS.com - Singapura dan Zurich menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia, berdasarkan laporan Survei Biaya Hidup Sedunia (Worldwide Cost of Living/WCOL) 2023. 

Survei tersebut dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU), yang merupakan divisi penelitian dan analisis dari The Economist Group yang berbasis di London, Inggris. 

  • Liburan Sekeluarga Keliling Singapura, Kini Bisa Naik Transportasi Privat
  • Atraksi Natal Bertema Viking Hadir di Gardens By The Bay Singapura

Hasil survei tersebut menobatkan Singapura dan Zurich sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Menariknya, Singapura mempertahankan posisinya sebagai kota termahal di dunia untuk kesembilan kalinya dalam 11 tahun.

“Singapura dan Zurich adalah kota termahal dalam survei tahun ini,” bunyi laporan Worldwide Cost of Living 2023 dikutip Kompas.com, Sabtu (2/12/2023). 

Temuan menarik lainnya adalah, harga barang dan jasa meningkat 7,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) dalam mata uang lokal masing-masing kota yang disurvei. Kenaikan harga terjadi pada lebih dari 200 barang dan jasa yang umum digunakan masyarakat.

Kenaikan harga tersebut, melambat dibandingkan tahun lalu yakni sebesar 8,1 persen. Namun, angkanya masih jauh lebih tinggi dibandingkan tren kenaikan harga sepanjang 2017 hingga 2021. 

“Guncangan di sisi penawaran yang mendorong kenaikan harga pada 2021-2022 telah berkurang sejak China mencabut pembatasan akibat Covid-19 pada akhir 2022. Sementara, lonjakan harga energi yang terlihat setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 juga telah mereda,” tulis laporan Worldwide Cost of Living 2023. 

Survei Worldwide Cost of Living 2023 digelar pada 14 Agustus 2023 dan 11 September 2023, terhadap lebih dari 200 barang dan jasa dari 173 kota-kota besar di dunia. 

Data hasil survei tersebut, kemudian dikompilasi ke dalam indeks oleh tim ekonom EIU untuk dipublikasikan setiap Juni dan Desember.

Lebih dari 50.000 data harga dikumpulkan setiap enam bulan. Meliputi, harga makanan, minuman, pakaian, perlengkapan rumah tangga, barang perawatan pribadi, sewa rumah, transportasi, tagihan listrik, sekolah swasta, pembantu rumah tangga dan rekreasi. 

10 kota termahal di dunia 

Seperti disampaikan sebelumnya, Singapura dan Zurich (Swiss) merupakan kota termahal di dunia. Data Worldwide Cost of Living 2023 mengungkapkan bahwa tarif transportasi dan harga pakaian di Singapura paling mahal. 

“Singapura mempertahankan posisinya sebagai kota termahal di dunia untuk kesembilan kalinya dalam 11 tahun,” bunyi laporan Worldwide Cost of Living 2023.

  • 3 Aktivitas di Chinatown Singapura, Minum Teh dan Nonton Opera
  • Musim Dingin di Singapura, Bisa Dirasakan di Bandara Changi

Sementara, Zurich naik dari peringkat keenam menjadi kota termahal di dunia bersama dengan Singapura. Zurich berhasil menggeser posisi New York yang tahun lalu berada di peringkat pertama bersama dengan Singapura. 

“Karena indeks WCOL kami bergantung pada konversi mata uang lokal menjadi dolar AS (sebagai mata uang bersama), maka kenaikan peringkat Zurich sebagian mencerminkan kekuatan franc Swiss, serta tingginya harga bahan makanan, barang-barang rumah tangga, dan rekreasi,” bunyi laporan Worldwide Cost of Living 2023. 

Berikut daftar 10 kota termahal di dunia berdasarkan laporan Worldwide Cost of Living 2023. 

  • Peringkat 1: Singapura dan Zurich 
  • Peringkat 3: Jenewa dan New York 
  • Peringkat 5: Hong Kong 
  • Peringkat 6: Los Angeles 
  • Peringkat 7 : Paris 
  • Peringkat 8: Kopenhagen dan Tel Aviv 
  • Peringkat 10: San Francisco 

https://travel.kompas.com/read/2023/12/03/084000527/10-kota-termahal-di-dunia-peringkat-1-dari-negara-tetangga-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke