Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Wisata Viral Sepanjang 2023, Curug hingga Jembatan Kaca

KOMPAS.com - Sejumlah destinasi viral di media sosial atau ramai dicari warganet di mesin pencari Google karena sejumlah alasan.

Destinasi ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan ramai dibincangkan karena beragam alasan, termasuk akibat adanya peristiwa kecelakaan.

Kompas Travel merangkum sejumlah tempat wisata viral yang menyedot perhatian dalam setahun ke belakang.

Masijd Raya Al Jabbar diresmikan 30 Desember 2023, tetapi baru mulai viral pada awal tahun lantaran dibanjiri pengunjung yang penasaran mengunjungi ikon baru Kota Bandung tersebut.

Sayangnya, banyaknya pengunjung sempat membuat jalanan sekitarnya macet parah dan adanya masalah sampah. Bahkan, sempat viral video kolam di halaman masjid dijadikan tempat berenang pengunjung anak.

Akibat hal tersebut, masjid ini sempat ditutup sementara pada akhir Februari untuk perawatan dan dibuka kembali ketika memasuki Ramadhan.

Viralnya Curug Citambur yang berlokasi di Karangjaya, Cianjur, Jawa Barat diawali kabar adanya rumah yang memiliki pemandangan langsung ke curug tersebut.

Abah Jajang, pemilik rumah tersebut, dikabarkan pernah menolak tawaran Rp 2 miliar untuk membeli rumahnya. Itulah yang mengawali tersebarnya cerita mengenai curug ini.

Meski sudah dibuka sebagai tempat wisata sejak 2014, tetapi kabar itulah yang membuat Curug Citambur dan rumah Abah Jajang menjadi banyak dikunjungi warga.

Sayangnya, banyaknya kunjungan tersebut membuat halaman rumah Abah Jajang sempat diberitakan rusak.

Jembatan kaca tengah banyak dibangun di sejumlah daerah di Indonesia. Namun, Jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ramai dibincangkan lantaran pecah pada Rabu (25/10/2023).

Akibat hal tersebut, empat wisatawan jatuh dan ada korban meninggal dunia.

Tak hanya media dari Indonesia, peristiwa tersebut kemudian diberitakan sejumlah media asing yang menyoroti keamanan dan standardisasi tempat wisata itu.

Perpustakaan bernama On Meeting Architecture Hub (OMAH) atau OMAH Library berlokasi di Kembangan, Tangerang, Banten. 

Perpustakaan ini sempat ramai dibincangkan di media sosial karena desain interiornya yang dianggap Instagrammable dan suasana yang memberikan kesan tenang.

Rupanya, tak hanya viral di media sosial karena tempatnya yang estetis, perpustakaan milik arsitek Realrich Sjarief dari RAW Architecture ini juga sudah tercantum di jurnal arsitektur internasional.

Hal itu membuat OMAH Library tidak habya dikunjungi oleh orang Indonesia, tetapi juga tamu asing.

Kafe ini sebetulnya sudah berdiri sejak 2013 dan berganti nama menjadi Kedutaan Besar Bekasi pada 2015.

Namun, info mengenai Kedutaan Besar Bekasi baru viral dalam beberapa bulan terakhir karena dijadikan candaan bahwa Bekasi, yang selama ini kerap dijadikaan candaan berada di planet lain, memiliki kedutaan besar sendiri.

Pemilik ruang kreatif ini kemudian memutuskan untuk membuat sebuah paspor yang seolah merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan di kedutaan ini.

Nama Pantai Loji di Sukabumi, Jawa Barat sempat menjadi sorotan masyarakat lantaran muncul inisiasi Pandawara Group untuk membersikannya karena menilai sangat kotor.

Akibat hal tersebut, pantai yang sebelumnya kurang populer ini menjadi dikenal.

Adapun aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Pandawara Group selama beberapa hari di sana berhasil membuat mereka mengumpulkan sampah sekitar 100 ton di Pantai Loji.

Pameran multisensori yang menampilkan karya maestro lukis asal Belanda Vincent Van Gogh ini bahkan sudah menjadi perbincangan di dunia maya sebelum diresmikan.

Akibatnya, pengunjung pameran yang digelar di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat ini sempat membeludak dan kian menjadi perbincangan di kalangan warganet.

Setelahnya, pihak pengelola sempat memberlakukan sejumlah aturan, termasuk fleksibilitas jadwal kedatangan. Sehingga, pengunjung yang sudah mengantongi tiket tetapi sulit masuk karena pameran terlalu padat bisa melakukan penjadwalan ulang.

Kafe di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sempat menjadi perbincangan di media sosial karena panorama 360 derajat yang disuguhkannya.

Berada di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, Bromo Hillside bahkan disebut sebagai kafe tertinggi di Jawa Timur.

Lokasinya ada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Malang.

Serial karya Eiichiro Oda, One Piece dihadirkan dalam sebuah pameran bertajuk One Piece Exhibition dan melakukan tur Asia sejak November lalu.

Jauh sebelum pameran dibuka, perbincangan mengenai destinasi ini sudah mengemuka di media sosial, terutama di kalangan para nakama, sebutan bagi para penggemar One Piece.

Pameran ini disebut pameran One Piece pertama dan terbesar di Indonesia.

Foto dan video kawasan Bromo sempat viral di media sosial dan banyak diberitakan setelah adanya pengunjung yang melakukan foto prewedding menggunakan suar alias flare, kemudian menyebabkan kebakaran lahan di tengah musim kemarau.

Peristiwa tersebut menimbulkan kemarahan di masyarakat. Tak hanya karena wisata Bromo ditutup sementara dan tidak bisa dikunjungi, tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp 5,4 miliar.

Akibat peristiwa ini, pemulihan kawasan Gunung Bromo dikabarkan perlu waktu sekitar tiga hingga lima tahun.

https://travel.kompas.com/read/2023/12/11/060700527/10-tempat-wisata-viral-sepanjang-2023-curug-hingga-jembatan-kaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke