Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Beli Batik di Malioboro, Bawa Uang Tunai 

KOMPAS.com - Salah satu kegiatan wisatawan saat berkunjung ke Jalan Malioboro, Yogyakarta adalah membeli batik. Selain deretan toko di sepanjang Jalan Malioboro, wisatawan bisa membeli batik di Teras Malioboro 1 dan 2. 

Lokasi Teras Malioboro 1 berada dieks Gedung Bioskop Indra atau seberang Pasar Beringharjo. Sedangkan, Teras Malioboro 2 berada di eks Kantor Dinas Pariwisata Yogyakarta atau sebelah Kantor DPRD Yogyakarta.

  • Acara Malam Tahun Baru 2024 di Malioboro Yogyakarta, Gratis
  •  Pedagang Batik di Teras Malioboro Mengaku Sepi Pembeli Meski Wisatawan Ramai

Berikut sejumlah tips membeli batik di Malioboro bagi wisatawan: 

Biasanya, pedagang memberikan harga lebih murah jika pengunjung membeli lebih dari satu potong baju. Saat Kompas.com berkunjung ke Teras Malioboro 1 dan 2 pada Senin (25/12/2023), banyak dijumpai papan promo di toko batik, yang berisi informasi tiga baju Rp 100.000 atau kaos tema Yogyakarta enam potong Rp 100.000. 

Siam (55) misalnya, perempuan yang berdagang baju batik di Teras Malioboro 1 ini, juga memberikan promo tiga baju seharga Rp 100.000. Sayangnya, ia mengaku barang dagangannya hanya terjual maksimal sepuluh potong per hari. 

“Hari biasa paling buat penglaris, kalau sekarang (libur Natal 2023) tidak sampai sepuluh potong, padahal tiga potong baju itu harganya Rp 100.000,” ujarnya saat dijumpai Kompas.com, Senin (25/12/2023). 

Jika dirasa terlalu banyak, wisatawan bisa membeli secara patungan bersama keluarga atau teman di toko yang sama. Jadi, wisatawan bisa mendapatkan harga batik lebih murah ketimbang membeli satu potong saja. 

2. Keliling dulu 

Wisatawan disarankan untuk keliling area Teras Malioboro 1 atau Teras Malioboro 2 sebelum membeli batik. Selain melihat beragam varian batik, pengunjung juga bisa membandingkan harga satu toko dengan lainnya. 

Wisatawan juga disarankan tetap membawa uang tunai saat hendak membeli batik di Malioboro. Hal ini untuk berjaga-jaga meskipun sejumlah pedagang sudah menyediakan fasilitas pembayaran non tunai. 

Uang tunai juga dibutuhkan untuk berjaga-jaga apabila ada kendala sinyal maupun kendala aplikasi.

4. Bawa kipas 

Cuaca di kawasan Malioboro cukup terik. Saat Kompas.com berkunjung ke sana pada Senin (25/12/2023), pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB, suhunya mencapai 33-34 derajat celcius.

Oleh sebab itu, wisatawan disarankan membawa kipas baik portable maupun kipas tangan untuk membantu meredam hawa panas. Khususnya wisatawan yang hendak belanja batik di Teras Malioboro 2, karena udara di dalam terasa gerah. 

Kondisi tersebut diakui oleh mayoritas pedagang maupun pembeli yang dijumpai Kompas.com. 

Sur (55) misalnya, wisatawan asal Sragen tersebut mengaku jika udara di dalam Teras Malioboro 2 terlalu panas. 

“Kalau enakan di luar (penjual di trotoar) karena enggak begitu gerah, tapi kalau rapi ya lebih rapi di sini (Teras Malioboro 2). Ini terlalu sempit, kalau banyak orang jadi berjubel,” ujarnya.

Pembeli boleh menawar sebelum membeli batik. Jika tidak sepakat dengan harganya, pengunjung bisa berkeliling melihat alternatif lainnya. 

6. Datang pagi hari 

Jika ingin membeli batik, wistawan disarankan datang pagi hari. Selain cuaca belum terlalu panas, barang dagangan juga masih lengkap. 

Jadi, wisatawan memiliki lebih banyak pilihan. Tenang saja, karena pedagang batik di Teras Malioboro buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. 

https://travel.kompas.com/read/2023/12/27/105050027/6-tips-beli-batik-di-malioboro-bawa-uang-tunai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke