Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunjungan di Museum Timah Pangkalpinang Naik, Mayoritas Pelajar

BANGKA, KOMPAS.com - Pengunjung Museum Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung selama 2023, tercatat mencapai 16.896 orang.

Jumlah pengunjung itu naik dibanding tahun sebelumnya (2022) yang tercatat sebanyak 15.520 orang.

Pengelola Museum Timah, M Taufik mengatakan, pengunjung selama 2023 masih didominasi kalangan pelajar dan anak-anak TK (taman kanak-kanak).

Jumlahnya tercatat mencapai 10.042 orang. Kunjungan pelajar tersebut umumnya dilakukan secara rombongan dalam kegiatan study tour.

"Pelajar berwisata sekaligus mengenal sejarah pertimahan. Museum kini dilengkapi video yang menggambarkan proses produksi timah lepas pantai," kata Taufik kepada Kompas.com di Pangkalpinang, Minggu (21/1/2024).

Kemudian ada juga dari perguruan tinggi sebanyak 209 orang dan wisatawan mancanegara 50 orang.

"Sampai saat ini, fasilitasnya gratis sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT Timah Tbk," ujar Taufik.

Museum Timah

Adapun di Museum Timah, pengunjung bisa melihat diorama sejarah penambangan sejak berabad lampau.

Berbagai macam peralatan dari tradisional hingga modern juga ditampilkan. Selain soal tambang, museum timah juga menyimpan replika prasasti batu kapur.

Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah yang ditemukan di Bangka tepatnya di Desa Kota Kapur. Konon dari prasasti tersebut keberadaan kerajaan Sriwijaya bisa diungkap.

"Di museum timah kita bisa melihat perjalanan sejarah bangsa, dan yang tak kalah penting terjadinya akulturasi budaya yang dibawa etnis Tionghoa melalui teknologi penambangan di Bangka," ungkap Taufik.

Museum timah buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan jadwal libur hari Jumat dan hari libur nasional.

"Sabtu dan Minggu kita tetap buka," ujar Taufik.

Museum timah juga memiliki fasilitas mobil pownis atau bus angkutan tempo dulu untuk berkeliling kota. Kemudian, ada ruang pertemuan yang bisa dijadikan kelas belajar dengan kapasitas 50 orang.

https://travel.kompas.com/read/2024/01/22/090900227/kunjungan-di-museum-timah-pangkalpinang-naik-mayoritas-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke