Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Malam Gratis di Jakarta, Nongkrong di Blok M

KOMPAS.com -  Sesekali cobalah jelajahi tempat wisata di Jakarta saat malam hari, sembari melihat pemandangan lampu dari gedung perkantoran.

Entah itu duduk santai di taman kota, menyicipi kuliner kaki lima, nongkrong di kafe kekinian, atau sekadar melihat sibuknya lalu lintas di jalan raya.

Wisata malam di Jakarta tidak harus menguras isi dompet, kamu juga bisa datang ke tempat wisata yang gratis dibuka untuk umum. 

Jika masih bingung hendak kemana, simak beberapa rekomendasi tempat wisata malam gratis di Ibu Kota berikut.

Blok M termasuk daerah yang kerap ramai dikunjungi, khususnya pada malam hari, karena terdapat ruang terbuka hijau dan beragam kuliner.

Lokasinya juga strategis karena dekat dengan akses transportasi umum Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) dan halte TransJakarta.

Biasanya, Blok M ramai dikunjungi oleh kawula muda, entah itu nongkrong di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu atau jalan-jalan di pusat perbelanjaaan Blok M Square.

Jika hendak mempir ke kawasan Blok M naik transportasi umum, kamu bisa naik MRT dan turun di Stasiun MRT Blok M BCA. Selain itu bisa juga naik Transjakarta dan turun di Halte Blok M.

Lokasi persinya ada di Jalan Palatehan Nomor 68, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jika sedang berada di kawasan Menteng dan sedang mencari tempat terbuka untuk nongkrong, datanglah ke Taman Ismail Marzuki (TIM). Lokasinya di Jalan Cikini Raya, Nomor 8, Kecamatan Mentang, Jakarta Pusat.

TIM punya area yang cukup luas. Di pintu masuk dekat perpustakaan terdapat lapak pedagang kaki lima. Masuk ke dalam gedung perpustakaan ada ruang terbuka kreatif untuk pengunjung.

Pada malam hari, biasanya ada pengunjung yang latihan menari, berkumpul, atau membaca buku secara berkelompok.

Lokasi TIM juga cukup strategis karena dekat dengan akses transportasi umum KRL Commuter Line yaitu Stasiun Cikini.

Malam minggu yang cerah paling pas diisi dengan kegiatan jalan-jalan di lapangan Fatahillah. Area ini identik dengan gedung-gedung peninggalan zaman Belanda, didukung dengan jalanan yang dibatasi untuk lalu lintas kendaraan.

Setiap malam, khususnya pada malam minggu, lapangan Fatahillah akan ramai dikunjungi wisatawan, karena ada pertunjukan live music gratis.

Kamu bisa duduk di tengah lapangan sembari menyantap makanan, atau bisa pula jalan-jalan di sekitar kawasan Kota Tua sembari berwisata kuliner.

Jika tertarik, di dekat Lapangan Fatahillah juga ada jejeran peramal yang menawarkan jasa meramal garis tangan.

Lapangan Fatahillah berlokasi di Jalan Lada dalam Nomor 7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Setelah diresmikan dan dibuka untuk umum, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Phinisi menjadi spot andalan masyarakat jika hendak melihat pemandangan malam Jakarta dari ketinggian.

Arsitektur yang unik serta dilengkapi lampu hias membuat jembatan ini kerap dijadikan lokasi berfoto.

JPO Phini terintegrasi langsung dengan Halte Karet, lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bila hendak melihat pemandangan yang lebih bagus, kamu bisa naik ke lantai paling atas JPO Phinisi. 

Mengingat sebagian besar area JPO Phinisi langsung beratapkan langit, berhati-hatilah jika sedang musim hujan karena jembatan ini minim area berteduh.

M Bloc Space merupakan ruang terbuka kreatif yang kerap dijadikan tempat kongkow oleh kawula muda. Lokasinya di Jalan Panglima Polim Nomor 37, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (17/2/2023), M Bloc Space dulunya merupakan bangunan tua bekas perumahan pegawai Perum Peruri yang disulap menjadi tempat kekinian sejak 2019.

Tempat ini terbuka gratis untuk umum, ada deretan kafe kekinian yang bisa disinggahi, atau melihat sejumlah event, seperti pameran dan live music yang cukup rutin diadakan.

Selain itu ada pula kegiatan menyablon yang bisa dicoba untuk mengasah kreativitas.

https://travel.kompas.com/read/2024/02/22/181232627/5-tempat-wisata-malam-gratis-di-jakartanongkrong-di-blok-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke