Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Pernah Dikunjungi Selebritas Dunia

KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan berbagai potensi wisata yang menarik mata. Banyak tempat di Indonesia kini menjadi tujuan bagi turis asing.

Keindahan alam di Indonesia merupakan salah satu alasan banyaknya wisatawan mancanegara datang ke sini.

Tak heran jika sampai selebritas papan atas dunia pun mengunjungi Indonesia hanya untuk berlibur.

Lokasi-lokasi wisata di Indonesia juga sering dijadikan tempat syuting film, iklan, musik video, dan masih banyak lagi.

Wisata Indonesia yang pernah dikunjungi selebritas dunia

Berikut Kompas.com rangkum tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya, menurut laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:

Beberapa tokoh terkenal dunia yang pernah berkunjung ke Pulau Moyo termasuk Lady Diana, Mick Jagger, David Bowie, dan David Beckham.

Pulau Moyo memikat dengan keindahan alamnya yang sangat eksklusif. Terdapat berbagai destinasi wisata andalan di pulau ini, seperti Air Terjun Mata Jitu, Air Terjun Senggalo, Pantai Tanjung Pasir, dan masih banyak lagi.

Menariknya, Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo dikenal dengan sebutan "Queen Waterfall". Julukan ini muncul karena kunjungan Lady Diana ke destinasi wisata tersebut.

Keistimewaan air terjun ini terletak pada banyaknya stalaktit (batu yang terbentuk di atap goa dan meruncing ke bawah) dan stalagmit (batu yang terbentuk di dasar goa dan bentuknya meruncing ke atas yang menghiasi permukaan air terjunnya.


2. Gunung Merapi

Gunung Merapi, yang merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia, terletak di wilayah tengah Pulau Jawa. 

Ketinggian puncak Gunung Merapi dapat berubah sejalan dengan aktivitas vulkanik yang memengaruhi bentuknya.

Setelah erupsi pada tahun 2010, ketinggian puncak Gunung Merapi tercatat mencapai 2.930 meter di atas permukaan laut hingga saat ini.

Para pengunjung dapat mengalami secara langsung dampak dari letusan Gunung Merapi melalui tur Lava Merapi yang disediakan. 

Selain menjelajahi area bekas letusan, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi Museum Gunung Merapi, Taman The World Landmark Merapi, dan Istana The Lost World.

3. Bali

Kini, Bali rasanya sudah berubah menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali, keindahan alamnya sungguh memanjakan mata bagi siapa pun yang melihatnya.

Beberapa destinasi di Bali pun pernah menjadi tempat syuting film Hollywood, salah satunya adalah Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Robert.

Lokasi yang dipakai untuk syuting film tersebut adalah Pasar Seni Ubud, Monkey Forest, Tegalalang, Pantai Padang Padang, dan Rumah Ketut Liyer.


4. Candi Borobudur

Candi Borobudur, sebagai Candi Buddha terbesar di Indonesia, menjadi destinasi selanjutnya yang diminati wisatawan mancanegara karena keagungan bangunannya dan nilai filosofis yang tinggi. 

Tidak mengherankan bahwa Candi Borobudur menarik minat beberapa tokoh terkenal dunia untuk mengunjunginya, seperti Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama, Mark Zuckerberg, Richard Gere, David Beckham, dan Maria Sharapova.

Kunjungan para tokoh dunia tersebut tidaklah mengherankan karena Candi Borobudur juga diakui sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang terdapat di Indonesia. 

Dengan memiliki 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha, Candi Borobudur menjadi salah satu candi dengan relief terbanyak di dunia dan sangat lengkap dalam hal tersebut.

5. Pulau Komodo

Pulau ini terletak di sisi barat Pulau Sumbawa dan terpisah oleh Selat Sape, termasuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Flora dan fauna yang ada di Pulau Komodo sangat beragam. Inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Pulau Komodo.

Di samping menikmati pesona alamnya, pengunjung di pulau ini juga memiliki kesempatan untuk melihat komodo secara langsung. Hewan purba ini diyakini telah menghuni pulau tersebut sejak berabad-abad yang lalu.


6. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu area konservasi flora dan fauna terluas di Asia Tenggara.

Destinasi wisata ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 4.000 spesies tumbuhan, 84 jenis mamalia, dan 380 jenis burung. 

Yang menarik, Taman Nasional Gunung Leuser juga merupakan habitat alami bagi Rafflesia Athegensis dan Rafflesia Zippelni.

7. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai dikenal sebagai surga bagi para peselancar karena memiliki ombak yang indah dan menarik bagi peselancar kelas dunia berkat lokasinya yang langsung menghadap Samudra Hindia.

Beberapa lokasi surfing populer di Kepulauan Mentawai antara lain terletak di Pulau Masokut, Pulau Siberut, Pulau Sipora, dan Pulau Sikakap.

Selain itu, setiap tahun, Kepulauan Mentawai juga menjadi tuan rumah event selancar berskala internasional.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/11/071825627/7-tempat-wisata-di-indonesia-yang-pernah-dikunjungi-selebritas-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke