Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miitem Bukan Sembarang Mi

Kompas.com - 28/02/2009, 07:00 WIB
MI, inilah makanan asal Asia yang amat go international. Sejak ribuan tahun lalu diciptakan di negeri China, mi terus beradaptasi dengan berbagai bangsa. Di Indonesia, mi dimodifikasi menjadi beragam masakan. Ada mi aceh, mi makassar, sampai miitem dan mi dari sayuran yang unik.

Lihatlah fenomena mi instan. Berbagai merek yang muncul di pasar dan gencarnya iklan mencerminkan mi memang jenis makanan yang fenomenal di Indonesia. Nah, di Jakarta, kita bisa menemukan begitu banyak macam olahan mi, mulai dari yang bergaya etnis sampai yang postmo.

Mi gaya postmo bolehlah kita contohkan dengan miitem dari Restoran Miitem yang warnanya memang benar-benar hitam legam. Resto ini bisa ditemui di Citywalk Sudirman dan Plaza Indonesia.

”Dulu waktu pertama kali kami perkenalkan di Kemang Food Festival, ada orang yang sampai lari, takut. Disangka cacing buat joke (bercanda),” tutur Tia Wongso, salah satu pemilik Restoran Miitem.

Warna hitam miitem diambil dari tinta cumi-cumi. Bahkan, cumi-cuminya itu sendiri sekaligus menjadi bahan baku mi. Dengan begitu, cita rasa minya memang sudah gurih.

Salah satu menu favorit pengunjung di Resto Miitem adalah Miitem Aglio Olio. Miitem ditumis dengan potongan daging ayam—yang telah dibumbui terlebih dahulu—dengan irisan cabai merah kering, bawang putih, lada putih, garam, dan sedikit taburan keju permesan. Melihat kehadiran keju permesan mengesankan mi ini ingin menjadi masakan pasta.

”Kami memang ingin keluar dari mainstream olahan mi. Ingin lebih adventurous. Makanya ada yang pakai daun basil, cream sauce, permesan,” kata Tia.

Pada Miitem Aglio Olio, paduan gurih pedas cukup harmonis. Cepat mengenyangkan perut. Untungnya, porsinya sangat pas. Pilihlah minuman yang menyegarkan untuk menemani menu miitem yang ditumis.

Itu tadi mi yang diolah secara modern dan dekat dengan pasta, mi ala Italia. Yang kini juga berkembang dengan bagus adalah mi sayuran, yakni mi yang dibuat dari tepung plus sayuran, seperti bayam, wortel, atau bahkan stroberi.

Sebenarnya mi sayuran sudah sejak lama ada di Jepang, China, dan Taiwan. Bahkan, mereka juga menyediakan mi sayuran instan.

Di Jakarta, mi sayuran cukup menarik minat konsumen walau restoran atau warung yang menyediakannya belum cukup banyak. Salah satu warung yang menyediakan mi sayuran adalah Bakmi Resto di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com