Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris John dan Irene Sukandar Atlet Terbaik Versi BOLA 2009

Kompas.com - 08/03/2009, 00:48 WIB

JAKARTA, SABTU - Petinju Chris John dan pecatur Irene Kharisma Sukandar dinobatkan sebagai atlet putra dan putri terbaik versi tabloid BOLA dalam acara Anugerah Atlet "BOLA" 2009 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Sabtu (7/3). Keduanya terpilih melalui hasil jajak pendapat yang melibatkan 14694 koresponden.

Chris mendapat suara terbanyak dibanding empat atlet lain. Dari nominasi itu, Chris menduduki peringkat teratas dengan 9879 suara, kemudian diikuti dua atlet bulu tangkis Markis Kido (4030) dan Nova Widianto (265), atlet angkat besi Eko (236), dan Tri (43).

Dalam sambutannya, Chris berterima kasih atas kepercayaan masyarakat memilihnya sebagai atlet terbaik. Penghargaan ini, kata Chris, semakin mendorongnya memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Terima kasih atas perhatian dan dukungan masyarakat kepadaku. Mudah-mudahan saya bisa terus berprestasi bagi Indonesia," ujar Chris.

Pada kategori atlet putri terbaik, Irene menduduki tempat tertinggi dengan perolehan 6844 suara. Irene mengungguli tiga atlet lain yaitu pebulu tangkis Maria Kristin (3945), Liliyana Natsir (2209), dan atlet cabang atletik Trianingsih (1326).

Atas penghargaan itu, Irene juga berterima kasih kepada pecinta olahraga Indonesia yang mendukungnya. Menurut Irene, penghargaan ini merupakan kepercayaan yang harus diikuti dengan tanggung jawab, bekerja keras untuk terus maju.

"Tahun 2006 dan 2007, aku menjadi atlet harapan  Anugerah Atlet "BOLA". Kali ini, aku meraih gelar atlet terbaik. Aku akan berusaha menjaga kepercayaan ini dengan kerja keras," ungkap Irene.

Tak lupa, anugerah Pembina Olahraga Terbaik juga disematkan kepada Eka Putra Wirya yang berjasa memunculkan pecatur andal, yaitu Irene dan Susanto Megaranto.

Sementara itu, pelatih bulu tangkis Sigit Pamungkas dinobatkan menjadi pelatih terbaik. Sigit adalah pelatih yang mengantar Markis Kido dan Hendra Setiawan meraih emas Olimpiade 2008 di Beijing, China.

Masih dari cabang tepok bulu, srikandi Indonesia yang tergabung dalam Tim Uber Indonesia 2008 mendapat gelar tim terbaik usai menuntaskan turnamen "Piala Uber" 2008 sebagai runner-up.

Petenis nasional, Christopher Rungkat didaulat menerima gelar Atlet Harapan Terbaik atas prestasi menjuarai nomor ganda putra Perancis terbuka. Saat itu, Christoper berduet dengan pemain asal Finlandia, Henri Kottinen.

Selain itu, "BOLA" juga memberikan penghargaan kategoti Lifetime Achievement Award kepada legenda panah Indonesia, Donald Pandiangan (1945-2008), pesepak bola Iswadi Idris (1948-2008), dan pebulu tangkis Poedjianto (1932-2008). Ketiga nama ini dianggap berdedikasi tinggi memajukan cabang yang ditekuni oleh masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com