Raja Ampat Jadi Incaran Wisman

Kompas.com - 19/01/2011, 08:41 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak selamanya Bali menjadi favorit tempat wisata wisatawan asing. Raja Ampat dan Pulau Komodo merupakan dua destinasi favorit wisatawan asing yang mencari wisata alam. Hal tersebut diungkapkan Direktur Promosi Luar Negeri Kemenbudpar, Noviendi Makalam kepada Kompas.com, Senin (17/1/2011).

Raja Ampat diburu oleh para turis penggemar diving. Sementara itu menurut Noviendi, lokasi-lokasi surfing yang diburu para peselancar antara lain Nias, Dreamland, Enggano, Sumbawa, dan masih banyak tempat lainnya.

"Indonesia memiliki spot-spot kelas dunia. Tinggal bagaimana mereka kita fasilitasi dengan sarana dan transportasi. Ini juga tugas pemerintah daerah," ungkapnya.

Sedangkan wisata budaya, Toraja merupakan destinasi yang banyak diminati wisatawan asing. Sayangnya, saat ini akses jalan menuju Toraja tidak sebagus dulu.

"Perlu waktu 10 jam menuju Toraja," katanya.

Noviendi berharap rencana pembangunan bandara baru di Toraja dapat mendongkrak kembali kunjungan wisatawan di kawasan tersebut. Dulu, Toraja sempat menjadi primadona untuk wisata budaya selain Bali.

"Terutama orang Eropa biasanya ingin ke tempat-tempat eksotis dan belajar budaya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.