Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Udang Merdjon Bikin Bibir Merah Jontor

Kompas.com - 16/04/2011, 18:56 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Udang goreng memang banyak variannya dan selalu membuat penikmatnya bisa ketagihan. Di kawasan Sumurboto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, ada menu baru. Namanya udang merdjon. Cara masaknya juga nyeleneh.

Menurut Budi Purwanto, sang koki, nama merdjon bukan asal comot, tetapi merupakan kepanjangan bikin bibir merah dan jontor. "Untuk mengurangi kolesterol, kami tak menggunakan minyak goreng. Kami memanfaatkan betakaroten yang terkandung dalam cabenya," kata Budi.

Mayoritas penikmatnya memang anak muda yang suka pedas. "Benar-benar bikin bibir merah dan jontor," kata Erna, Jumat (15/4/2011).

Udang merdjon memiliki keistimewaan bumbu rempahnya. Dimasak tanpa minyak goreng dan diungkep, menjadikan bumbu rempah dan cabe meresap sampai ke dalam. Tiap gigitannya selalu meninggalkan sensasi.

"Rasanya akan berbeda jika udangnya enggak fresh, bumbu enggak bisa meresap. Itu alasan kami menggunakan udang yang selalu fresh, dimatikan saat akan dimasak," kata Budi.

Selain udang merdjon, Budi menyediakan juga ceker merdjon, cumi merdjon, dan lain-lain. Harganya tak sepedas udangnya. Dengan kocek kurang dari Rp 10.000, mulut sudah bisa mendesah kepedasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com