Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monkey Forest Sediakan 25 Pawang Kera

Kompas.com - 31/08/2011, 17:29 WIB

GIANYAR, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke kawasan Monkey Forest, Desa Padangtegal, Ubud, Gianyar, Bali, meningkat tajam bertepatan dengan hari libur Lebaran. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan 25 pawang kera. Hal ini untuk mengamankan wisatawan ke kawasan wisata yang memiliki koleksi ratusan ekor kera itu.

"Sebanyak 25 pawang kera itu bertugas menyebar di kawasan wisata," kata Pengelola Kawasan Wisata Monkey Forest, I Wayan Selamet, Rabu (31/8/2011). Menurut Selamet, para pawang itu bertugas khusus mengawasi 600 kera yang berada di kawasan hutan seluas 12 hektare tersebut.

"Dipastikan pengunjung akan aman, karena pawang kera ada di setiap sudut kawasan wisata itu," jelasnya. Para pawang kera itu, lanjutnya, penting agar para kera tidak mengganggu pengunjung yang berada di kawasan tersebut.

"Sampai siang ini terdata sudah 800 orang berkunjung ke kawasan ini," katanya. Kondisi kunjungan itu sangat berbeda dengan hari-hari biasanya. DI hari biasa, setiap harinya sebanyak 400 orang berkunjung ke kawasan wisata itu. "Peningkatan mencapai 100 persen saat musim libur saat ini, " kata Selamet.

Ia juga mengakui ada kendala dalam urusan parkir. Namun, tuturnya, dari tiga parkir yang disediakan pada kawasan objek wisata kera itu dianggap masih mampu mengatasi kemacetan.

"Ya, walaupun tidak maksimal, namun parkir yang kami sediakan mampu mencegah kemacetan," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com