Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Timur, Berfoto dengan Bayi Singa Sampai Berburu Batik Madura

Kompas.com - 20/10/2011, 17:29 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com – Wisata Jawa Timur identik dengan Surabaya dan Malang. Nyatanya, Jawa Timur memiliki 8 kota dan 29 Kabupaten. Tentu saja, dari banyaknya kota dan kabupaten ini ratusan objek wisata baik sudah banyak dikenal orang maupun masih tersembunyi di dalamnya.

Sebut saja misalnya Taman Safari Indonesia II Prigen. Taman Safari oleh kalangan Jakarta identik dengan Taman Safari di Cisarua, Bogor. Padahal di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pun terdapat Taman Safari.

Taman Safari ini mempunyai lebih dari 2500 satwa dari sekitar 200 spesies yang berbeda dari hewan-hewan di seluruh dunia maupun Indonesia. Terbagi dalam empat area yaitu Taman Satwa (Animals Park), Area Rekreasi (Recreation Area), Baby Zoo dan Water World.

Di taman satwa ini, kita akan melihat langsung bagaimana kehidupan satwa di habitat asli. Tentunya hutan di Taman Safari II ini merupakan hutan buatan. Anda bisa melihat aneka satwa dari dalam mobil.

Binatang tertentu seperti llama, unta, atau zebra, dapat Anda beri makanan wortel yang bisa Anda beli sebelum memasuki kawasan taman satwa seharga lima ribu rupiah. Bila Anda yang ingin berinteraksi dan berfoto langsung dengan hewan, Anda dapat menuju Baby Zoo dan bermain dengan anak satwa liar di sana seperti harimau putih, macan tutul, tarsius, tapir landak, cheetah, dan orang utan.

Puas bersafari dengan satwa-satwa dan berfoto dengan bayi hewan yang jinak, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kawasan Tretes. Kawasan ini masih masuk Kecamatan Prigen. Tretes menampilkan pegunungan yang permai dengan udara sejuk dan panorama alam yang memikat.

Sepintas, mengingatkan wisatawan asal Jakarta pada kawasan Puncak, Jawa Barat. Tretes menyediakan tempat peristirahatan yang sangat ideal untuk refreshing karena dikelilingi pohon cemara, kebun buah dan sayur, serta hamparan padi di sawah. Wisata yang terdapat di Tretes antara lain air terjun Kakek Bodo, Bumi Perkemahan, wisata berkuda, pasar buah, air terjun Putuk Truno, dan terdapat pula areal olah raga golf.

Di perjalanan turun dari Tretes, Anda dapat singgah di Candi Jawi yang merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Di sini terdapat panggung terbuka terbesar di Jawa Timur yaitu Taman Candra Wilwatikta yang pada saat tertentu disuguhkan kesenian Jawa Timur.

Tertarik dengan benda-benda atau bangunan bersejarah eksotis? Berkunjunglah ke Trowulan di Kabupaten Mojokerto. Banyak bukti yang bisa disaksikan di situs ini tetnang kebesaran kerajaan Majapahit yang berkembang lebih dari 200 tahun dari tahun 1293 dan diperkirakan runtuh tahun 1521 Masehi.

Ada Gapura Wringin Lawang yang dulunya merupakan gerbang utama masuk ke Kerajaan Majapahit. Ada pula gerbang belakang yaitu Gapura Bajang Ratu, dengan taman yang lebih luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com