Kompas.com - 08/03/2012, 14:55 WIB
Penulis Suhartono
|
EditorRobert Adhi Ksp

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Mau berwisata di lereng Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta? Ayo naik motor trail.

Anda tak sekadar membonceng saja, tetapi bisa juga mengendarainya. Mau melihat bekas rumah almarhum Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, yang jaraknya lebih pendek sekitar 2 kilometer?

Atau menelusuri kali Opak yang menjadi jalur lahar dan berisikan material batu besar dan kecil beserta pasir sepanjang 5 hingga 10 kilometer?

Anda bisa memilih sendiri. "Kalau cuma ke bekas rumah Mbah Marijan, ongkosya Rp 50.000 pergi pulang dengan waktu 30 menit. Akan tetapi, kalau mau ke bekas Desa Gumuk Duwur dan Kali Adem, ongkosnya Rp 150.000 bolak balik, selama dua jam. Ini jarak menengah," kata Ketua Gadung Melati Trail Club (GMTC) Eko Budianto, yang mengorganisasi komunitas motor trail di Pos Terakhir Ngrangkah Pangukrejo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (8/3/2012).

Adapun jika Anda ingin naik motor trail dengan jarak yang lebih jauh dengan waktu tiga jam, tambah Eko, Anda bisa memilih jarak jauh dengan ongkos Rp 250.000. Jalur yang dilewati adalah Desa Gumuk Petung, makam Mbah Marijan, Glagah Sari, dan Kali Gendol.

Namun, untuk ber-trail ria sambil menikmati pesona alam kawasan Gunung Merapi dengan Kawasaki 150 CC, Anda harus menggunakan sepatu khusus dan deker serta helem untuk melindungi kaki, lutut, dan kepala saat melewati kali Opak.

Ayo, Anda mau coba?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.