Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pulau Belitong Diserbu Wisatawan

Kompas.com - 30/06/2012, 13:40 WIB
Jannes Eudes Wawa

Penulis

BELITUNG, KOMPAS.com — Sekitar 1.000 warga Jakarta dan sekitarnya ramai-ramai berlibur di Pulau Belitong selama dua hari terakhir. Mereka menikmati panorama pantai berpasir putih disertai pesona deretan batu granit.

Ronny, salah satu pemandu wisata di Tanjung Pandan, Pulau Belitong, Sabtu (30/6/2012), mengatakan, membeludaknya wisatawan domestik, terutama dari Jakarta terjadi sejak dua pekan lalu.

"Puluhan perahu yang tersedia, semuanya habis disewa para wisatawan. Bahkan, kami harus mendatangkan lagi perahu nelayan dari desa lain untuk memenuhi permintaan sewa perahu dari wisatawan," kata Ronny.

Di pulau "Laskar Pelangi" itu, para wisatawan mengunjungi sejumlah lokasi, seperti di Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Pulau Burung yang susunan batu granitnya menyerupai kepala burung, Pulau Pasir yang muncul ke permukaan hanya sejak pagi hingga sore, dan Pulau Lengkuas untuk menaiki mercusuar yang tingginya 70 meter, bertingkat 19 dengan 305 anak tangga.

Rita (35), karyawan swasta di Jakarta, mengaku sangat menikmati pesona pantai dan hamparan batu granit di Pulau Belitong. "Anak-anak saya sangat menikmati liburan ke Belitong. Tempat wisatanya keren banget. Misalnya, hamparan batu tak ada di daerah lain. Untuk berfoto pun keren banget," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com