Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Barbeque untuk Berbuka

Kompas.com - 14/08/2012, 07:59 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Hidangan barbeque identik dengan acara santai atau perayaan yang penuh keakraban di akhir pekan bersama keluarga. Dengan bumbu yang sederhana, makanan yang dibakar ala sate itu malah begitu nikmat disantap.

Ya, barbeque yang enak karena menggunakan bahan yang segar. Tak perlu bumbu macam-macam, rasa dari bahan itu sendiri yang akan menonjol dan mengeluarkan karakter kesegarannya.

Cara masaknya yang cukup dibakar di atas api, membuat segala jenis bahan bisa diolah dalam “pesta” barbeque, sebut saja mulai dari hidangan laut seperti ikan, udang, dan cumi. Lalu daging seperti ayam dan sapi, serta aneka sayuran.

Salah satu pilihan restoran yang menyajikan menu barbeque adalah Sperta yang berada di dalam Hotel Grand Kemang. Setiap hari Jumat, restoran ini menyajikan station khusus barbeque.

Sperta sendiri mengusung konsep makan prasmanan yaitu all you can eat atau bayar satu harga untuk makan sepuasnya. Bedanya, di masa bulan Ramadhan, tamu yang menikmati hidangan barbeque akan disuguhi pula takjil, kopi, dan teh.

Ada beberapa station di Sperta, mulai dari hidangan utama seperti lauk pauk daging dan ayam, station untuk hidangan pembuka seperti sup dan salad, juga station serba sashimi alias mentah. Kemudian, station hidangan penutup seperti es krim, panekuk, aneka kue, dan buah-buahan.

Tak terlupa dua station yang selalu berganti, station pertama menyajikan menu tematik, entah menu makanan Indonesia seperti lontong sayur atau menu barat. Station satu lagi tentu saja barbeque yang hadir di setiap hari Jumat.

Di station barbeque, bahan yang siap dibakar terdiri dari daging sapi dan ayam, serta hidangan laut. Anda bisa pilih sapi bagian tenderloin atau sirloin. Sementara hidangan laut mulai dari ikan, cumi, sampai udang.

Setelah memilih bahan apa yang Anda inginkan, tinggal serahkan pada koki untuk membakarnya. Jangan lupa, utarakan tingkat kematangan yang Anda inginkan. Untuk bahan laut seperti cumi, ikan, dan udang, tingkat kematangan well done atau benar-benar matang bisa menjadi pilihan.

Sementara untuk daging sapi seperti bagian sirloin atau tenderloin bisa pilih tingkat kematangan sedang. Berbeda dengan restoran dengan konsep barbeque all you can eat” lainnya, koki di Sperta tidak sembarangan memasaknya.

Hasilnya adalah daging sapi yang dimasak dengan kematangan yang pas, membuat daging begitu lembut saat diiris dan sari pati daging tumpah meriah. Begitu lengas dan nikmat dimakan tanpa perlu saus barbeque tambahan.

Begitu pula, pengolahan bahan laut yang cermat, mengeluarkan rasa manis dari kesegaran bahan laut. Bila Anda tipikal yang senang rasa kuat, maka bisa tambahkan aneka saus yang tersedia. Ada beragam saus dan sambal yang disajikan untuk teman santap barbeque.

Di deretan sambal, ada sambal matah, sambal dabu-dabu, sampai sambal terasi. Ada sekitar enam sambal yang bisa Anda pilih. Sementara di deretan saus, ada saus jamur, saus lada hitam, dan sekitar empat saus lainnya yang tersedia.

Khusus selama bulan Ramadhan, ada tambahan station yaitu station takjil dengan aneka hidangan manis yang cocok sebagai menu berbuka puasa seperti kolak. Dengan harga Rp 170.000, pengunjung bisa menikmati aneka hidangan tersebut.

Makanan prasmanan di Sperta tergolong sederhana. Seperti station hidangan utama hanya terdiri dari beberapa lauk saja. Namun, uniknya menu selalu mengalami perubahan setiap minggu. Akibatnya, banyak tamu yang menjadi pelanggan, sebab selalu ditawarkan menu yang berbeda-beda setiap minggunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com