Kompas.com - 23/02/2013, 14:13 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Perayaan Cap Go Meh di Manado, Sulawesi Utara, yang akan digelar pada Minggu (24/2/2013) besok dipastikan bakal lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena semua kelenteng yang ada di Manado akan menurunkan Tang Sin-nya. "Saya sengaja datang ke Manado untuk memotret perayaan Cap Go Meh," ujar Ebbie Adrian, di Manado, Sabtu (23/2/2013). Ebbie adalah seorang Travel Fotografer Indonesia yang telah mengunjungi lebih dari 2.500 destinasi di Indonesia.

Menurut Ebbie, parade Cap Go Meh di Manado menarik, karena dipadukan dengan berbagai budaya lokal orang Minahasa. "Jadi kita bisa menyaksikan perpaduan budaya etnis Tionghoa dengan budaya Minahasa," tambah Ebbie.

Seperti biasanya, ketika perayaan Cap Go Meh, umat Tridharma di Manado turun berparade di jalan-jalan dengan disaksikan puluhan ribu warga Manado dan sekitarnya. Tang Sin, orang yang dianggap sebagai jelmaan dewa akan menjadi tontonan menarik. Dengan kepercayaan mereka, Tang Sin akan melakukan adegan-adegan sesuai dengan dewa yang diwakilinya, termasuk adegan kekebalan terhadap berbagai benda tajam.

Di samping itu, parade Tari Kabasaran, Musik Bambu, Musik Bia, Pasukan Berkuda, Kereta Hias juga akan ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh. Kampung Cina dimana terdapat kelenteng tertua dan terbesar di Manado menjadi pusat perayaan Cap Go Meh.

Perayaan ini juga sudah menjadi kalender wisata Kota Manado. Jauh hari sebelumnya, berbagai wisatawan mancanegara sudah berada di Manado. Ritual persiapan menuju perayaan Cap Go Meh pun sudah dilakukan sejak dua minggi lalu. Jumat (22/2/2013) kemarin juga telah dilaksanakan ritual mengasah pedang yang akan dipakai oleh Tang Sin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.