Kompas.com - 01/07/2013, 19:20 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Pada lima bulan pertama 2013, pergerakan wisatawan mancanegara (wisman) menunjukkan pertumbuhan positif. Dari data yang dipaparkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemanparekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 3.180.779 wisman mengunjungi Indonesia pada periode Januari-Mei 2013

Angka ini menunjukan peningkatan sebesar 5,79 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni 3.364.885 wisman. "Wisman kita tetap tumbuh cukup baik walau tentunya dalam perekonomian global yang masih dilanda ketidakpastian," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Sedangkan, untuk pertumbuhan wisman selama bulan Mei 2013 tercatat sebanyak 700.708 wisman atau naik 7.65 persen dari bulan yang sama tahun 2012 lalu sebanyak 650.883 wisman.

Menurut Mari, hal yang mengejutkan adalah wisatawan dari Uni Emirat Arab (UEA) yang menunjukan pertumbuhan paling tinggi pada periode lima bulan awal tahun 2013 ini. Wisman UEA yang datang tumbuh sebanyak 81.15 persen.

"Mengejutkan, wisatawan Arab mendominasi periode awal 2013 ini," kata Mari.

Selain itu, Mari menuturkan sepanjang tahun ini pertumbuhan wisman cukup tinggi kecuali pada Januari. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya perayaan Imlek. "Terlihat pertumbuhan wisman pada 2013 lebih tinggi dari 2012," tuturnya.

Adapun, lanjut Mari, pasar utama wisman yang untuk datang adalah Singapura, Malaysia, Australia, China, dan Jepang. Sedangkan untuk pasar Eropa, negara-negara yang terlihat menunjukan kenaikan positif adalah Inggris, Perancis, Jerman, dan Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.