Kompas.com - 16/07/2013, 12:25 WIB
Wisatawan asal Rusia mengabadikan Monumen Tsunami PLDT Apung saat berkunjung di Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh, Selasa (25/12/2012). SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA Wisatawan asal Rusia mengabadikan Monumen Tsunami PLDT Apung saat berkunjung di Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh, Selasa (25/12/2012).
EditorI Made Asdhiana
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi) Provinsi Aceh meminta pemerintah provinsi menggencarkan promosi ke dalam dan luar negeri. "Promosi pariwisata oleh pemerintah khususnya dan umumnya kalangan swasta ke masyarakat dalam dan luar negeri akan menjadi penarik kunjungan ke sini," kata Sekretaris Umum Asppi Provinsi Aceh, Umar di Banda Aceh, Senin (15/7/2013).

Menurut Umar, promosi yang sudah dilakukan Pemprov Aceh saat ini perlu terus ditingkatkan agar kian banyak wisatawan nusantara dan asing melancong ke daerah ujung paling barat Indonesia itu.

Dengan berbagai potensi wisata yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu sangat mungkin untuk mendatangkan banyak pelancong.

"Aceh kaya akan lokasi wisata, budaya dan kuliner yang tak kalah menarik dengan di daerah lain Tanah Air dan negara-negara lain," katanya.

Umar memaparkan kehadiran wisatawan nusantara dan asing ke Provinsi Aceh juga akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat. "Sejumlah ’event’ yang saat ini sudah dilaksanakan dan direncanakan akan digelar Pemerintah Aceh sepanjang tahun 2013 juga menjadi salah satu penarik bagi pelancong," katanya.

SERAMBI/M ANSHAR Panitia memasak kuah beulangong (gulai daging) untuk dibagikan kepada warga pada pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Lam Geulumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Minggu (24/2/2013). Kuah beulangong merupakan salah satu kuliner khas Aceh Besar yang biasanya dihidangkan pada pesta perkawinan dan hari-hari besar keagamaan.
Karena itu, lanjut Umar, pihaknya mengajak semua komponen di Provinsi Aceh untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata Aceh sehingga wisatawan dari berbagai daerah berduyun-duyun datang ke Tanah Rencong.

"Kami juga berharap Pemerintah Provinsi Aceh dapat melibatkan seluruh pelaku pariwisata dalam merancang program wisata di masa mendatang," tambah Umar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.