Oase Bunga Segar di Tengah Jakarta

Kompas.com - 09/08/2013, 17:32 WIB
Beraneka warna bunga mawar potong yang dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta. KOMPAS.com/Tri WahyuniBeraneka warna bunga mawar potong yang dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com — Anda membutuhkan bunga segar? Ternyata di hutan beton seperti Jakarta sekalipun, Anda bisa menemukan bunga-bunga segar. Walaupun bukan berupa taman penuh bunga warna-warni.

Di Jakarta bagian barat, Anda bisa menemukan tempat yang menawarkan beragam jenis bunga dalam kondisi segar. Tempat ini dikenal dengan Pasar Bunga Rawa Belong. Ketika Anda menjejakkan kaki di tampat ini, mata Anda akan dimanjakan dengan warna-warni bunga segar dan semerbak harum wangi bunga.

Terletak di Jalan Sulaiman, pasar ini terbagi menjadi dua bangunan yang saling berseberangan. Masing-masing bangunan memiliki dua lantai. Bangunan pertama menjual beragam jenis bunga segar, sedangkan bangunan kedua lebih fokus pada aksesori untuk bunga, seperti pot, keranjang, dan besi untuk pot gantung atau berdiri.

Pasar Bunga Rawa Belong memiliki tata letak yang apik. Kios-kios dan lapak tersusun rapi pada bangunan pasar. Belum lagi ditambah beragam bunga yang indah dan harum, membuat sensasi berbelanja di pasar ini menjadi sangat menyenangkan.

Bunga yang dijual juga tergolong lengkap. Ada beragam jenis mawar, yaitu mawar merah, putih, merah muda, jingga, krem, hingga ungu. Selain itu ada juga bunga krisan, aster, sedap malam, pikok, beragam jenis anggrek, teratai, garbera, gladiol, lili, dan masih banyak lagi.

Kompas/Priyombodo Calon pembeli memilih bunga sedap malam yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, Jumat (18/9/2009). Jelang lebaran, bunga sedap malam banyak dicari warga sebagai penghias sekaligus pewangi ruangan. Untuk satu ikat berisi sepuluh tangkai dijual seharga Rp. 40.000.
Dari segi harga, para pedagang mengaku bahwa harga bunga di pasar ini tidak tetap. Ternyata perayaan bisa memengaruhi harga bunga. Apalagi bunga-bunga yang banyak diminati pada hari raya tertentu.

Seperti bunga sedap malam. Bunga ini konon banyak diminati konsumen saat Lebaran. Salah satu pedagang mawar yang ditemui Kompas.com, Wawan, mengaku jika harga sedap malam bisa naik berkali lipat di saat Lebaran.

“Sebelum Lebaran harganya Rp 125.000 per seratus batang, tapi kalau Lebaran bisa sampai Rp 400.000 sampai Rp 500.000 per seratus batang," kata Wawan.

Begitu pun dengan mawar. Ketika Natal dan Imlek, bunga ini banyak dicari orang. Harga mawar pun bisa naik berkali lipat. Tetapi di hari biasa, Anda bisa mendapatkan mawar dengan harga Rp 25.000 per dua puluh batang.

Untuk bunga krisan, dihargai Rp 17.500 per sepuluh batang, sedangkan aster dibanderol dengan harga Rp 12.500 per ikat. Ada juga bunga pikok dengan harga Rp 15.000 per ikat, bunga matahari Rp 15.000 per sepuluh ikat. Sedangkan bunga hortensia Rp 25.000 per ikat, bunga lili Rp 35.000 per batang yang berisi tiga kuntum, dan Rp 135.000 untuk harga bunga lili per ikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X