Kompas.com - 13/08/2013, 09:52 WIB
EditorI Made Asdhiana
NAMA Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ibarat magis dan selalu membuat wisatawan terpesona oleh keindahannya dan betah berlama-lama menghabiskan liburan.

Pemprov NTB tak mau menyia-nyiakan potensi tiga gili ini untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin. Jalan menuju Bangsal, pelabuhan penyeberangan menuju tiga gili terus menerus diperbaiki. Jarak tempuh semakin dipercepat dengan membuat jalan pintas dari Mataram-Senggigi dan Bangsal.

Ini merupakan jalan tercepat menuju Gili Air, Meno dan Trawangan dari Mataram, ibukota Provinsi NTB. Selain cepat, menyusuri pantai barat Pulau Lombok, wisatawan akan dibuai oleh indahnya pantai berpasir putih dan hijaunya pohon kelapa. Tak perlu terburu-buru menuju Bangsal. Pasalnya, keindahan pantai barat Lombok jangan sampai terlewatkan. Pantai di Lombok bisa dikatakan masih bersih atau belum tercemar.

Keindahan pantai di Lombok tak pelak membuat turis semakin tergila-gila untuk datang menikmatinya. Pantai di Gili Air, Meno dan Trawangan memberikan turis pilihan untuk berlibur di Lombok. Selain Lombok, Provinsi NTB memiliki Pulau Sumbawa. Biasanya wisatawan yang ingin berlibur di Lombok menginginkan destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari Kota Mataram namun memberikan kesan mendalam.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisman di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (2/7/2013).
Persyaratan itu agaknya dipenuhi oleh trio gili ini. Saat ini ketiga gili tersebut identik dengan pariwisata Lombok. Keindahan bawah lautnya dan ramainya wisatawan dalam dan luar negeri memadati ketiga gili, apalagi musim liburan, menyebabkan nama Lombok perlahan-lahan semakin dikenal hingga ke mancanegara.

Menyeberang ke Gili Air, Meno, dan Trawangan pun semakin mudah. Dari Mataram, Anda bisa menyusuri pantai Batubolong, pantai Senggigi, pantai Malimbu. Inilah pantai-pantai yang selalu dicari wisatawan atau bisa dibilang "wajib" dikunjungi bila berada di Lombok.

Saat sore hari, menyusuri pantai barat Lombok sungguh menawan. Matahari mulai bergerak menuju peraduannya. Bagi Anda yang sudah terbiasa menikmati pantai Senggigi, siap-siaplah terpukau dengan pantai Malimbu. Jangan ragu untuk berhenti di sini dan merasakan keindahan pantai Malimbu. Abadikan kenangan ini dalam sebuah foto.

Keeksotisan pantai barat Lombok membuat perjalanan Anda menuju Bangsal terasa begitu cepat. Ciri memasuki Bangsal adalah melewati rumah-rumah penduduk dan berpapasan dengan cidomo, transportasi khas Lombok yang menggunakan kuda.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Turis di Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Ketenaran Lombok inilah yang membawa rombongan Burufly.com bersama lima pemenang kompetisi foto "Explore Indonesia" yakni Irvan Darmawan, Hadi Setia Darma, Afriandi, Tirta Subhakti Winata, dan Hendro Jap pada awal Juli 2013 diundang untuk melihat langsung pesona Gili Air, Meno, dan Trawangan.

Ternyata rombongan yang difasilitasi oleh HIS Tour & Travel rupanya tidak memilih menggunakan perahu dari pelabuhan Bangsal, tetapi mencarter perahu di pantai Kecinan. Untuk menuju pelabuhan Bangsal perlu waktu 15 menit lagi dari Kecinan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.